Pradana, Gabby Elydri (2013) Pengaruh minat pada profesi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiwa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomo Universitas Negeri Malang) / Gabby Elydri Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pradana Gabby Elydri. 2013. Pengaruh Minat pada Profesi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M (2) Drs. I Nyoman Saputra M.Si Kata Kunci Minat pada Profesi Guru Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Minat mempunyai peranan yang penting dalam keberhasilan seseorang. Ketika seseorang mempunyai minat belajar yang tinggi maka dia akan menyukai dan bersemangat belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Prestasi belajar dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan belajar seorang mahasiswa semakin tinggi prestasi belajar seorang mahasiswa maka semakin baik hasil belajar yang diperolehnya dan sebaliknya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern terdiri dari faktor jasmaniah faktor psikologis dan faktor kelelahan. Faktor ekstern terdiri dari faktor keluarga dan faktor sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat pada profesi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan minat pada profesi guru terhadap prestasi belajar hal ini didapatkan dari hasil nilai regresi sebesar 0 019 yang lebih kecil dari taraf signifikansi (0 05). (2) Tidak ada pegaruh yang signifikan motivasi intrinsik belajar terhadap prestasi belajar hal ini didapatkan dari hasil nilai regresi sebesar 0 370 yang lebih besar dari taraf signifikansi (0 05). (3) Tidak ada pengaruh signifikan motivasi ekstrinsik belajar terhadap prestasi belajar hal ini didapatkan dari nilai regresi sebesar 0 597 yang lebih besar dari taraf signifikansinya (0 05). (4) Tidak ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara minat pada profei guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar hal ini didapatkan dari hasil regresi sebesar 0 072 yang lebih besar dari taraf signifikansinya. Adapun saran yang diberikan (1) Bagi Fakultas Ekonomi hendaknya meningkatkan kualitas sarana pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman sebagai tempat belajar sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar. (2) Bagi mahasiswa hendaknya memiliki sikap positif dan motivasi dari dalam diri untuk menjadi seorang guru. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas serta menambahkan variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28876 |
Actions (login required)
View Item |