Pengembangan media pembelajaran E-modul berbasis sofware macromedia flash 8 pada materi pokok kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Probolinggo / Fendi Hudiawan Supardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran E-modul berbasis sofware macromedia flash 8 pada materi pokok kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Probolinggo / Fendi Hudiawan Supardi

Supardi, Fendi Hudiawan (2013) Pengembangan media pembelajaran E-modul berbasis sofware macromedia flash 8 pada materi pokok kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Probolinggo / Fendi Hudiawan Supardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supardi Fendi Hudiawan. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Software Macromedia Flash 8 Pada Materi Pokok Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M (2) Dr. Wahju Wibowo A. Md S. E. M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 dan Hasil belajar Media pembelajaran e-modul kearsipan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya media pembelajaran ini dapat membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan Karena pembelajaran yang konvensional sudah sangat sering siswa dapatkan di kelas . Seperti kita tahu setiap orang mempunyai cara pembelajaran yang berbeda-beda. Ada yang dapat menerima pembelajaran secara audio/dengan suara visual/gambar dan audiovisual/suara dan gambar oleh karena itu dengan adanya media pembelajaran e-modul kearsipan ini diharapkan siswa dapat menerima setiap materi pembelajaran secara maksimal dan lebih menyenangkan. Didukung jg dengan sarana dan prasaran sekolah yang mendukung dalam pengembangan media pembelajaran e-modul kearsipan. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Kearsipan Berbasis Software Macromedia Flash 8 Pada Materi Pokok Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 1 Proboinggo. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian pengembangan ini adalah 1) Bagaimana menyusun dan mengembangkan media pembelajaran e-modul kearsipan berbasis Macromedia Flash 8 untuk siswa SMK Negeri 1 Probolinggo 2) Apakah media pembelajaran E-modul kearsipan menggunakan Macromedia Flash 8 dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi kearsipanuntuk siswa SMK Negeri 1 Probolinggo . Berdasarkan rumusan masalah tersebut jadi tujuan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran ini secara satu-persatu danmenghasilkan suatu produk media pembelajaran yang nantinya dapat membantu guru dalam melakukan pembelajaran di kelas serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Probolinggo. Penelitian pengembangan ini menggunakan Rancangan pengembangan Dick and Carey yang telah dimodifikasi terdiri dari 9 langkah yaitu 1) Identifikasi Kebutuhan dan Karakteristik Siswa 2) Perumusan Tujuan 3) Pengembangan Materi 4) Pengembangan Alat Evaluasi 5) Menyusun Naskah Media 6)Implementasi Naskah Media 7) Validasi Bahan Ajar 8) Revisi Bahan Ajar dan 9) Produksi Bahan Ajar. Cara penyusunan media pembelajaran ini terdiri dari 5 cara yaitu 1) Menentukan materi yg akan digunakan 2) memberikan gambar background 3) Pemberian skrip 4) Penentuan animasi yang akan digunakan 5) penentuan warna. Berdasarkan Hasil validasi ahli materi dan ahli media dimana ahli materi menunjukan bahwa presentase sebesar 83% dimana jumlah tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran e-modul kearsipan memiliki kriteria valid/dapat digunakan sedangkan ahli media menunjukan presentase sebesar 80% dimana jumlah tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran e-modul kearsipan ini memilki kriteria valid/dapat digunakan. Hasil rata-rata kelas pada nilai siswa menunjukan awal siswa sebesar 66 6 diperoleh dari jumlah nilai keseluruhan pada kelas X AP 2 dibagi dengan jumlah siswa. Sedangkan rata-rata kelas setelah belajar menggunakan media pembelajaran mengalami kenaikan menjadi 80 2. Sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebelum menggunakan media pembelajaran e-modul kearsipan sebanyak siswa 13 setelah belajar menggunakan media pembelajaran e-modul kearsipan jumlah siswa yang tidak tuntas menjadi orang 3 siswa. Berdasarkan temuan penelitia untuk saran kepada guru khususnya untuk menggunakan media pembelajaran e-modul kearsipan berbasis software Macromedia flash 8 sebagai alternative dalam mengatasi masalah belajar siswa khususnya dalam materi pembelajran kearsipan . tetapi untuk penerapan di sekolah guru perlu memperhatikan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan. Selain itu dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 ini guru harus bisa mengoperasikan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28874

Actions (login required)

View Item View Item