Pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital sebagai media pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (k3lh) SMK / Galih Purwoajei</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital sebagai media pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (k3lh) SMK / Galih Purwoajei</p>

Purwoajei, Galih (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital sebagai media pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (k3lh) SMK / Galih Purwoajei</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran memiliki hubungan dengan aktivitas seorang guru yang memiliki strategi menyediakan fasilitas minat siswa agar siswa dengan mudah memperoleh informasi. Sehingga menjadi kemajuan negara yang diharapkan dalam pembangunannya maka dalam bidang pendidikan memiliki peranan penting untuk menuju sumber daya manusia yang unggul. Pendidikan Kejuruan salah satu proses upaya negara dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih baik akan tetapi terdapat kendala seperti yang dialami sejumlah siswa SMK Islam 1 Blitar dengan penggunaan media dan model pembelajaran di kelas cenderung siswa untuk mengalihkan kehilangan konsentrasi sehingga penyampaian pembelajaran dianggap ketinggalan zaman. materi keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup SMK. Perkembangan di dunia pendidikan telah masuk era digital terdapat komik digital untuk memudahkan siswa belajar tentang suatu materi pelajaran. media komik pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk komik digital untuk membantu siswa dalam mempelajari materi dasar-dasar Konstruksi Bangunan di SMK (2) Mengetahui tingkat kelayakan komik digital dalam mempelajari materi Dasar-dasar Konstruksi Bangunan SMK. Model penelitian pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluations) model penelitian pengembangan ini dipilih karena setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi sehingga dapat meminimalisir hasil media yang tidak valid. Pada model ini memiliki lima tahapan pengembangan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Penelitian ini terdapat tiga responden sebagai pengujian dan pemberi masukan yaitu diantara lain 1 ahli media dari dosen Universitas Negeri Malang 1 ahli materi dari guru SMK Islam 1 Blitar dan 25 subjek uji dari siswa SMK Islam 1 Blitar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) hasil dari validasi oleh ahli media menunjukkan nilai total persentase sebesar 96 25% masuk dalam kategori sangat layak (2) hasil dari validasi oleh ahli materi menunjukkan nilai total persentase sebesar 93 45% masuk dalam kategori sangat layak (3) Hasil dari pengujian terhadap subjek uji (siswa) menunjukkan nilai total persentase sebesar 85 7% masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan nilai tersebut maka penggunaan media komik digital sebagai media pembelajaran untuk materi K3LH dinyatakan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288723

Actions (login required)

View Item View Item