Hubungan persepsi siswa tentang sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian dpib di smkn 1 nganjuk / DICKY DWI ADISISWOYO - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa tentang sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian dpib di smkn 1 nganjuk / DICKY DWI ADISISWOYO

Adisiswoyo, Dicky Dwi Adisiswoyo (2023) Hubungan persepsi siswa tentang sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian dpib di smkn 1 nganjuk / DICKY DWI ADISISWOYO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adisiswoyo Dicky. D. 2023. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana dan Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian DPIB di SMKN 1 Nganjuk Skripsi Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Sarana Prasarana Kompetensi Guru Motivasi Belajar Siswa Berjalannya suatu pendidikan atau pembelajaran tentunya harus terdapat sarana prasarana dan kompetensi guru yang mendukung keberhasilan pembelajaran. Proses belajar tidak jauh dari motivasi belajar yang memberikan dorongan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran salah satunya ditandai dengan adanya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Fenomena rendahnya motivasi belajar siswa juga terjadi di wilayah jawa timur khususnya di kabupaten Nganjuk Motivasi belajar siswa saat di sekolah tidak jauh dari faktor eksternal seperti halnya sarana prasarana dan kompetensi guru. Adapun penelitian dengan judul ldquo Hubungan Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana dan Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian DPIB di SMKN 1 Nganjuk rdquo ini dibatasi dengan mengulas secara mendalam mengenai kelengkapan sarana prasarana khusus untuk program keahlian DPIB dan juga kompetensi guru produktif kompetensi keahlian DPIB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden yaitu siswa kelas XI dan XII DPIB di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Teknik analisis menggunakan yaitu uji normalitas linieritas homoskedastisitas dan uji korelasi tunggal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa kompetensi keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Nganjuk termasuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo namun memiliki skor terendah.pada indikator ldquo Dorongan Belajar rdquo (2) Kelayakan sarana prasarana kompetensi keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Nganjuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo namun memiliki skor terendah pada indikator ldquo Perabot rdquo dan ldquo Ruang Praktik Perencanaan dan Pembuatan Model / Maket Bangunan rdquo (3) kompetensi guru kompetensi keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Nganjuk dalam kategori ldquo Sedang rdquo namun memiliki skor terendah pada indikator ldquo Kompetensi Pedagogik rdquo (4) Hasil uji hipotesis korelasi tunggal kelayakan sarana prasarana (X ) terhadap motivasi belajar siswa (Y) didapatkan hasil nilai sig 0 040 lt 0 05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara kelayakan sarana prasarana dengan motivasi belajar siswa dengan nilai r 0 759 termasuk dalam kategori ldquo Kuat rdquo (5) Hasil uji hipotesis korelasi tunggal kompetensi guru (X ) terhadap motivasi belajar siswa (Y) didapatkan hasil nilai sig 0 043 lt 0 05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai r 0 690 termasuk dalam kategori ldquo Kuat rdquo . Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan Persepsi Siswa Tentang Sarana Prasarana dan Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian DPIB di SMKN 1 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288722

Actions (login required)

View Item View Item