Analisis kondisi jalan di jalur alternatif blitar-malang via kanigoro menggunakan metode psi (present serviceability index) dan rci (road condition index) / KUKUH ADITYA SATRIA PAMBUDI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kondisi jalan di jalur alternatif blitar-malang via kanigoro menggunakan metode psi (present serviceability index) dan rci (road condition index) / KUKUH ADITYA SATRIA PAMBUDI

Pambudi, Kukuh Aditya Satria Pambudi (2023) Analisis kondisi jalan di jalur alternatif blitar-malang via kanigoro menggunakan metode psi (present serviceability index) dan rci (road condition index) / KUKUH ADITYA SATRIA PAMBUDI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang digunakan untuk menunjang kebutuhan perpindahan masyarakat dari titik satu ke titik lain. Meningkatnya kebutuhan mobilitas masyarakat membuat sarana infrastruktur seperti jalan harus diperhatikan agar fungsi pelayanan dari perkerasan jalan tersebut bisa berfungsi sesuai dengan yang sudah direncanakan. Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya (1) Mengevaluasi kondisi eksisting permukaan pada ruas jalan di jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro menggunakan metode PSI (2) Mengevaluasi kondisi eksisting permukaan pada ruas jalan di jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro menggunakan metode RCI (3) Mendeskripsikan penanganan atau pemeliharaan jalan yang harus dilakukan pada jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode RCI dan PSI serta menggunakan aplikasi Roadlab Pro pada smartphone untuk mencari nilai IRI. Hasil penelitian (1) Fungsi pelayanan jalan pada jalan alternatif Blitar-Malang via kanigoro secara keseluruhan setelah dianalisis mendapatkan nilai rata-rata PSI 1 79 yang artinya mendapatkan kategori sangat kurang. Terdapat 7 segmen jalan pada jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro yang memiliki fungsi pelayanan jalan kurang. Kemudian terdapat 7 segmen jalan dengan fungsi pelayanan jalan sangat kurang. (2) Kondisi permukaan jalan alternatif Blitar-Malang via Kanigoro setelah dianalisis mendapatkan rata-rata nilai RCI 5 75 atau dalam kondisi cukup sedikit sekali atau tidak ada lubang namun permukaan tidak rata. Terdapat 1 segmen jalan pada jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro dengan kondisi jalan baik kemudian terdapat 5 segmen dengan kondisi jalan sedang kemudian terdapat 5 segemen dengan kondisi rusak ringan dan 4 segmen dengan kondisi rusak berat. (3) Penanganan kondisi jalan pada jalur alternatif Blitar-Malang via Kanigoro dengan jenis penanganan pemeliharaan rutin terdapat 5 segmen kemudian untuk jenis penanganan pemeliharaaan berkala terdapat 5 segmen dan untuk jenis penanganan rekonstruksi/peningkatan terdapat 1 segmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288721

Actions (login required)

View Item View Item