Pengaruh kepribadian, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan / Maharani Firjatullah Qutratu'ain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepribadian, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan / Maharani Firjatullah Qutratu'ain

Qutratu'ain, Maharani Firjatullah (2023) Pengaruh kepribadian, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan / Maharani Firjatullah Qutratu'ain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat menjadi guru merupakan rasa dalam diri yang mendorong dan mewujudkan rasa ketertarikan atau keinginannya menjadi seorang guru. Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi minat. Berbeda dengan faktor eksternal yang berasal dari luar diri sendiri seperti faktor lingkungan faktor internal meliputi bawaan dan kepribadian. Hasil tracer study mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang diperoleh sebesar 17% yang bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Penelitian ini dilakukan upaya mempersiapkan mahasiswa bekerja di instansi pendidikan (guru) yang sesuai dengan salah satu tujuan program pendidikan teknik bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi valid dan reliabel instrument. Penelitian menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2018 dan 2019. Teknik analisis data diawali dengan tahap uji asumsi klasik kemudian dilanjutkan dengan analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepribadian tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru (2) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru (3) lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru (4) kepribadian efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru. Pengaruh kepribadian efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh sebesar 22 9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 06:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288719

Actions (login required)

View Item View Item