Pengembangan modul elektronik berbasis web matapelajaran kosntruksi jalan dan jembatan kelas xi dpib di smkn 1 blitar. / MOCH. IRFAN FAUZI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis web matapelajaran kosntruksi jalan dan jembatan kelas xi dpib di smkn 1 blitar. / MOCH. IRFAN FAUZI

Fauzi, Moch. Irfan Fauzi (2023) Pengembangan modul elektronik berbasis web matapelajaran kosntruksi jalan dan jembatan kelas xi dpib di smkn 1 blitar. / MOCH. IRFAN FAUZI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauzi Moch. Irfan. 2023. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Web Matapelajaran Kosntruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB Di SMKN 1 Blitar. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Website Konstruksi Jalan dan Jembatan Pendidikan kejuruan adalah sekolah menengah yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk berprofesi di sektor-sektor tertentu. Siswa diharapkan mampu memahami mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMKN 1 Blitar masih menggunakan metode pembelajaran dengan ceramah dan tanya jawab. Terkadang media pembelajaran menggunakan modul cetak di sekolah kurang mampu memberikan penjelasan materi sehingga pemahaman dalam belajar kurang tersampaikan dengan maksimal. Agar siswa dapat belajar secara mandiri dengan penggunaan modul elektronik berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (R amp D) untuk menghasilkan suatu produk dan menguji keefektifan produk tersebut yaitu media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis web. Tahapan penelitian yaitu (1) Menggali Potensi dalam proses pembelajaran (2) Pengumpulan data-data yang terkait dengan isi materi pembelajaran mata pelajaran yang akan dibuatkan produk modulnya (3) Membuat Desain produknya (4) Validasi Produk dan (5) Revisi desain Produk. Validasi media ini dilaksanakan oleh ahli media dan ahli materi. Penguji coba produk secara kelompok dilakukan oleh enam belas siswa yang diantaranya kelas kontrol dan kelas eksperimen sebagai uji efektifitas penggunaan modul elektronik berbasis web. Pengujian hipotesis menggunakan analisis sample t-test yang saling berkaitan. Hasil penelitian berupa modul elektronik berbasis web dengan spesifikasi berisi yaitu Beranda Pentunjuk penggunaan Tujuan pembelajaran Modul pembelajaran Video pengetahuan dan Latihan soal. Hasil penilaian oleh ahli media mendapat total persentase sebesar 92 2% dari semua aspek validasi media. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapat total persentase sebesar 80% dari semua aspek validasi materi. Hasil nilai post-test kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 75 dan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80. Dari hasil pengujian hipotesis diatas terdapat kelas eksperimen menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar yang menggunakan modul elektronik berbasis web matapelajaran konstruksi jalan dan jembatan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288716

Actions (login required)

View Item View Item