Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi pada siswa / Muhammad Naufal Rafif Fikriy</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi pada siswa / Muhammad Naufal Rafif Fikriy</p>

Fikriyan, Muhammad Naufal Rafif (2023) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi pada siswa / Muhammad Naufal Rafif Fikriy</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibekali ilmu agar bisa langsung terjun ke dunia kerja. Sehingga lulusan SMK dituntut untuk mempunyai keterampilan yang memadai seperti keterampilan abad 21. Memiliki keterampilan abad 21 khususnya pada kemampuan kolaborasi(collaboration) dan berpikir tingkat tinggi (critical thinking) merupakan standar baru lulusan siswa SMK agar dapat bersaing di dunia kerja. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran Teori Pengukuran Tanah dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X Program Keahlian KJIJ SMKN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 34 orang siswa. Dalam penelitian ini menerapkan 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dan observer dengan menggunakan lembar observasi aktivitas Kolaborasi dan Kemampuan berpikir tingkat tingi pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Strategi pembelajaran yang paling baik pada peneitian kali ini adalah dengan cara siswa dituntut untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang disediakan guru secara berkelompok dan mendiskusikannya di depan kelas sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa persentase hasil lembar observasi kemampuan kolaborasi siswa meningkat dari 29 04% di kondisi awal menjadi 73 71% di siklus III. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 33 45% di kondisi awal menjadi 78.85% di siklus III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288715

Actions (login required)

View Item View Item