Choironi, Muhammad Ilham (2023) Pengembangan media pembelajaran konstruksi atap berbasis video animasi pada kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Muhammad Ilham Choironi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Choironi Ilham Choironi. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi Atap Berbasis Video Animasi pada Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (2) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dan Konstruksi Atap. Seiring dengan berkembangnya teknologi memungkinkan untuk tenaga kependidikan dapat memanfaatkanya sebagai salah satu media ajar yang bersahabat dengan siswa. Penyampaian materi ajar yang bervariasi dapat meningkatkan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu peran teknologi dibidang pendidikan yaitu adanya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan dan penelitian menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang telah disesuaikan. (1) Studi Awal (2) Pengembangan Media (3) Validitas Media dan (4) Uji Coba Produk. Subjek penelitian adalah siswa SMKN 1 Jenangan Ponorogo Kelas XI DPIB yang terdiri 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk menguji coba produk dan menguji hipotesis menggunakan analisis kovarian (anacova) yang saling berkaitan. Hasil analisis dari data nilai pretest siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 54 0 % dan nilai pretest siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 64 1 % sednagkan hasil analisis dari data nilai post-test kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 78 7 % dan nilai post-test siswa kelas eksperimen memperoleh nuilai rata-rata 82 7 %. Dari hasil tersebut didapatkan peningkatan hasil belajar sebesar 24 7 % pada kelas kontrol dan kelas eksperiimen sebesar 18 5 %. Dari hasil analisis kedua kelas mendapatkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi tidak lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. berdasarkan hasil analis anacova bahwa tidak terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari penggunaan media berbasis video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/288714 |
Actions (login required)
View Item |