Pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul dengan suplemen youtube channel untuk mata pelajaran APL-PIG di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Angga Tri Anandhika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul dengan suplemen youtube channel untuk mata pelajaran APL-PIG di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Angga Tri Anandhika</p>

Anandhika, Angga Tri (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul dengan suplemen youtube channel untuk mata pelajaran APL-PIG di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Angga Tri Anandhika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anandhika Angga Tri. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-modul dengan suplemen Youtube Channel untuk Mata Pelajaran APL-PIG di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena M.pd. M.T. (2) Drs. Sutrisno S.T. M.pd. Kata Kunci Media Pembelajaran E-modul Suplemen Youtube Penerapan Penggambaran 3D. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang di iringi perkembangan media sosial memungkinkan untuk tenaga kependidikan dapat memanfaatkanya sebagai salah satu media sosial sebagai media ajar yang bersahabat dengan siswa. Youtube merupakan contoh media sosial yang bisa di kembangkan dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-modul yang di gabungkan dengan media sosial youtube untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang telah disesuaikan. (1) Pengumpulan data (2) Desain produk (4) Validasi desain (5) Uji coba produk. Subjek penelitian adalah siswa SMKN 3 Boyolangu kelas XII DPIB yang terdiri atas 2 kelas Kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengujicoba produk dan menguji hipotesis menggunakan uji t-test dua sample yang saling tidak berkaitan. Hasil analisis dari data nilai post-test siswa kelas kontrol dengan metode ajar konvensional pada materi penerapan penggambaran 3d APL-PIG memperoleh nilai rata-rata (mean) 77 55 dengan presentase perolehan nilai sebesar 70 6 % dengan kategori baik 26 5% sangat baik dan 2 9% dalam kategori cukup. Sedangkan hasil analisis dari data nilai post-test siswa kelas eksperimen dengan metode ajar menggunakan media e-modul pada penerapan penggambaran 3d APL-PIG mendapatkan hasil nilai rata-rata 82 7 dengan presentase perolehan 52 9 % dengan kategori baik 44 2 % sangat baik dan 2 9 % cukup. Dari analisis data kedua kelas mendapatkan hasil yang cukup signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan media konvensional dibandingakn dengan kelas eksperimen yang menggunakan media e-modul bersuplemen youtube. Skor hasil ujicoba produk menggunakan media e-modul bersuplemen youtube cukup tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan media secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288710

Actions (login required)

View Item View Item