Penerapan metode pembelajaran kooperatif model time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada kelas X-3 Administrasi Perkantoran SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang) / Ferbylia A - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada kelas X-3 Administrasi Perkantoran SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang) / Ferbylia A

Anggraeni, Ferbylia Ayu (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada kelas X-3 Administrasi Perkantoran SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang) / Ferbylia A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Ferbylia Ayu. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Time Token Arends Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengelola Prosedur Administrasi (Studi Pada Kelas X-3 Administrasi Perkantoran SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif time token arends aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X-3 APK SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang diperoleh informasi bahwa guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang aktif dalam mengungkapkan pendapatnya pada saat pembelajaran berlangsung mayoritas siswa hanya mendengarkan saja dan sedikit sekali yang memberikan umpan balik siswa juga tidak memiliki buku modul untuk belajar sehingga siswa hanya mencatat penjelasan dari guru. Hasil belajar siswa kelas X-3 APK yang masih kurang maksimal dalam hal hasil belajar dilihat dari hasil ulangan harian menunjukkan bahwa 10 siswa dari 39 siswa belum tuntas atau dalam persentase ketuntasan masih mencapai 75% dan yang tidak tuntas mencapai 25% Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) penerapan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (2) aktivitas belajar siswa pada saat diterapkan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 Administrasi Perkantoran di SMK Widya Dharma Turen Kab. Malang yang berjumlah 39 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi) Hasil penelitian ini diperoleh aktivitas berbicara kelompok pada siklus I diperoleh rata-rata penggunaan kupon bicara keseluruhan kelompok sebesar 48 96 % dengan kualitas berbicara mencapai rata-rata 84 12 %. Pada siklus II diperoleh rata-rata penggunaan kupon bicara kelompok sebesar 74 99 % mengalami peningkatan sebesar 26 03 % dibandingkan siklus I. Sedangkan untuk kualitas berbicara kelompok diperoleh rata-rata 93 56 % mengalami peningkatan sebesar 9 44 % dibanding siklus I. Aktivitas belajar siswa dinilai pada setiap pertemuan pada siklus I pertemuan pertama aktivitas siswa mencapai 70 45 % kemudian meningkat menjadi 76 03 % pada pertemuan kedua. Dari siklus I pertemuan pertama ke sikus I pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 5 58 %. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa mencapai 88 19 % meningkat menjadi 92 60 % pada pertemuan kedua. Dari siklus II pertemuan pertama ke siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 4 41 %. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33 95 %. Aspek kognitif dinilai dari nilai pre test dan post test untuk siklus I mengalami peningkatan pada pre test dan post test 1 sebesar 14 37 dengan nilai rata-rata pada pre test 61 10 menjadi 75 47. Siklus II mengalami peningkatan antara post test 1 dan post test 2 sebesar 21 15 dengan nilai rata-rata 96 62. Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 75. Aspek afektif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15 99 % untuk rata-rata nilai siklus I 72 85 % dan siklus II 88 84 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Time Token Arends telah sesuai dengan tahapan (2) Penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi kepala sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran (2) guru dapat menerapkan model Time Token Arends sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran variatif dan menyenangkan yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa (3) siswa hendaknya dapat meningkatkan keaktifan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan karena kedua kemampuan ini sangat penting dalam pembelajaran dan dapat menumbuhkan interaksi di dalam kelas sehingga suasana kelas lebih hidup dan (4) peneliti selanjutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Time Token Arends bukan hanya pada mata pelajaran ini saja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item View Item