Wulandari, Rizka (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Rizka Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wulandari Rizka. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M.Si (2) Drs. Djoko Dwi Kusumojanto M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif carousel feedback hasil belajar Penerapan pembelajaran tradisional atau konvensional secara berkesinambungan tanpa adanya variasi dapat menjadi salah satu kendala dalam pembentukan pengetahuan siswa maka diperlukan variasi dan kreatifitas dalam penggunaan metode pembelajaran oleh pendidik. Salah satunya adalah dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor (3) kendala-kendala dan solusi pada saat penerapan model pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi tes catatan lapangan wawancara dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melaluai tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan hasil analisis data. Hasil penelitian ini diperoleh pertama penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) berdiri di depan tugas masing-masing (2) berputar dan mengamati tim berputar searah jarum jam menuju tugas selanjutnya (3) tim berbagi dan diskusi (4) menulis feedback (5) guru memberi isyarat waktu untuk menulis feedback (6) tim berputar penanda atau pena dipindahkan ke siswa selanjutnya untuk menjadi pencatat atau penulis umpan balik pada putaran berikutnya (7) melanjutkan putaran sampai ke tempat semula atau sampai guru memberitahukan waktu telah habis (8) review feedback. Kedua hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor hasil belajar siswa dalam penelitian ini dinilai dari aspek kognitif saja pelaksanaan pengambilan nilai hasil belajar aspek kognitif dilaksanakan 3 (tiga) kali pre test post test 1 dan post test 2. Untuk siklus ke-1 hasil pre test diperoleh rata-rata kelas sebesar 67 nilai rata-rata siswa belum mencapai ketuntasan minimal 75 namun pada post test 1 sudah mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 79 29. Siklus ke-2 nilai rata-rata siswa pada post test 2 sebesar 85 04 dengan keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan minimal. Ketiga kendala-kendala dan solusi pada saat penerapan model pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor yaitu (1) waktu pelaksanaan dan persiapan yang membutuhkan waktu yang lebih panjang jadi perlu dilakukan perencanaan yang matang dan pengelolaan waktu yang baik (2) pada awal pembelajaran siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran Carousel Feedback nampak beberapa siswa masih bingung dan gaduh dengan tahapan model pembelajaran yang cukup panjang jadi perlu diberikan penjelasan dan latihan melakukan rotasi (3) pelaksanaan model pembelajaran Carousel Feedback memerlukan tempat yang cukup luas sehingga jumlah siswa perlu diperhatikan serta penyediaan ruang yang cukup luas sebelum pelaksanaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Carousel Feedback pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan tahapan (2) hasil belajar yang diperoleh setelah pelaksanaan model meningkat dari hasil perbandingan pre test post test 1 dan post test 2 (3) kendala dalam pelaksaan model dapat diatasi dengan solusi yang telah dilaksanakan. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi kepala sekolah dapat memberikan acuan untuk mencoba menerapkan pada mata pelajaran lain yang memiliki kemiripan teori berbasis proyek dan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal dalam penerapannya (2) guru dalam menggunakan model Carousel Feedback pengelolaan waktu dan pemilihan materi yang cocok harus diperhatikan dengan baik (3) siswa belajar saling berbagi informasi dengan tim lain untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bertukar atau berbagi informasi (4) peneliti selanjutnya lebih memahami model Carousel Feedback dan diharapkan bisa membandingkan dengan mengadakan penelitian di sekolah lain maupun dengan mengkolaborasikan model pembelajaran Carousel Feedback dengan model pembelajaran lainnya disesuaikan dengan kondisi siswa dan materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28868 |
Actions (login required)
View Item |