Mufidha, Ulul (2013) Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Ulul Mufidha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mufidha Ulul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circle Motivasi Hasil Belajar 12288 12288 12288 Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih cenderung konvensional dimana guru cenderung menjadi penentu satu-satunya dalam penyelenggaraan proses pembelajaran di sekolah. Peningkatan guru dalam pembelajaran di kelas bukan hanya dalam penguasaan materi pembelajaran tetapi seorang guru dituntut harus mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk siswanya dalam pembelajaran sehingga guru harus kreatif dan inovatif dalam penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan lingkungan sekolah. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model Inside Outside Circle pada mata diklat Kewirausahaan (2) motivasi belajar siswa pada saat diterapkan model Inside Outside Circle pada mata diklat Kewirausahaan (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Inside Outside Circle pada mata diklat Kewirausahaan. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 di SMK Muhamadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan angket dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar yaitu aspek kognitif dinilai dari nilai pre test dan post test untuk siklus 1 mengalami peningkatan pada pre test dan post test 1 sebesar 9 24 dengan nilai rata-rata pada pre test 69 24 menjadi 78 47. Siklus 2 mengalami peningkatan antara post test 1 dan post test 2 sebesar 4 64 dengan nilai rata-rata 83 11 Kriteria Ketuntasan Minimal di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen 75. Aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 6 19 % untuk rata-rata nilai siklus 1 sebesar 98 92 % dan siklus 2 sebesar 105 11%. Motivasi belajar siswa mencapai 90% siswa menyatakan sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle. 12288 12288 12288 Jadi dari hasil belajar dan motivasi siswa diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih baik dibandingkan dibelajarkan dengan pembelajaran ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28864 |
Actions (login required)
View Item |