Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan adobe flash SC3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada stansar kompetensi menangani surat/dokumen kantor (Studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan adobe flash SC3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada stansar kompetensi menangani surat/dokumen kantor (Studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5

Nugraha, Radiktya (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan adobe flash SC3 profesional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada stansar kompetensi menangani surat/dokumen kantor (Studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugraha Radiktya. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS3 Professional Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor (Studi Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Prodi Pend. Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief M.Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Multimedia Adobe CS3 Professional Motivasi dan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran berbasis multimedia digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Siswa belajar dengan menyenangkan sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu yang ditransformasikan oleh guru. Materi pembelajaran yang sebagian besar bersifat teori perlu diimbangi dengan adanya contoh-contoh secara visualisasi untuk mengurangi kejenuhan siswa. Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung dalam pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia sehingga dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi prosedur pengembangan dari model Borg and Gall dalam Sugiyono (2009) dengan tahapan (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain dan Materi (5) Revisi Produk 1 (6) Uji Coba Lapangan Terbatas (Pengguna) (7) Revisi Produk 2 (8) Produk Akhir. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi ahli materi mencapai 79 68% yang menyatakan media valid/dapat digunakan dan untuk hasil validasi ahli media mencapai 77 77% yang menyatakan media valid/dapat digunakan. Hasil Nilai Posttest menunjukkan bahwa pada kelas kontrol (XI APK 2) memiliki nilai rata-rata 62 68 dimana hanya terdapat 3 siswi yang dinyatakan lulus dengan nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 8805 75 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen (XI APK 1) adalah 73 97 dimana terdapat 19 siswi yang dinyatakan lulus dengan nilai diatas KKM 8805 75 sehingga dilihat dari rata rata dan jumlah siswi yang dinyatakan lulus posttest dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat dilihat dari hasil angket dimana 85 8% siswa menjawab bahwa media pembelajaran berbasis multimedia mampu meningkatkan motivasi belajar. Hasil belajar siswa dari hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen melalui Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai signifikan 0.000 0.05 dimana H0 ditolak sehingga media pembelajaran berbasis multimedia ini berpengaruh dan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Saran kepada guru khususnya untuk menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai alternatif dalam mengatasi masalah belajar siswa khususnya dalam standar kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor tetapi untuk penerapan di sekolah perlu memperhatikan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan. Selain itu dalam penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia ini hendaknya guru menggunakan sound yang baik agar suara dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item View Item