Vetalia, Ayu Mega (2013) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran mengelola pertemuan atau rapat (Studi pada siswa kelas X APK SMK Aredjuna 2 Malang) Ayu Mega Vetalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Vetalia Ayu Mega. 2013. Penerapan model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan atau Rapat (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti. S.Pd M.M (II) Drs Mohammad Arief. M. Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Cooperative Script Aktivitas dan Hasil Belajar. Pemilihan model pembelajaran sebagai variasi dalam pengajaran sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran dimana pemilihan model pembelajaran yang tepat akan dapat meningkatkan kualitas pengajaran setiap mata pelajaran. Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Ardjuna 2 Malang selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. kendala yang sering muncul dalam proses belajar mengajar adalah sulitnya melibatkan siswa secara aktif. Selain itu ketuntasan hasil belajar yang ingin dicapai masih kurang. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara individu yang ingin dicapai berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 8805 75. Perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu penerapan pembelajaran kooperatif model pembelajaran Cooperative Script yang bertujuan untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Ardjuna 2 Malang diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dapat menjadikan siswa lebih aktif berani mencoba bertanya menjawab dan mengungkapkan pendapat selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat.selain itu hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif model Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat pada kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Sistem pembelajaran yang diterapkan sebelum adanya penelitian ini kurang membuat siswa untuk dapat berperan aktif selama pembelajaran sehingga hasil belajara yang diperoleh siswa dibawah nilai KKM 8805 75 (2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan atau Rapat pada kelas X APK SMK Ardjuna 2Malang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan atau Rapat pada kelas X APK SMK Ardjuna 2Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan peneliti antara lain (1) Bagi sekolah sebaiknya menerapkan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran yang banyak materi menghafal karena model pembelajaran ini membantu siswa untuk terbiasa aktif megungkapkan pendapat bertanya menjawab mengkritisi serta menggali sendiri inti materi yang ada dalam sebuah pelajaran. (2) Bagi Guru untuk dapat mengembangkan model pembelajaran Cooperative Script sehingga tercipta pembelajaran yang semakin inovatif dan kreatif (3) Bagi siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang Siswa hendaknya mengikuti pembelajaran Model Cooperative Script dengan sungguh-sungguh dan percaya diri saat mengemukakan pendapat karena pembelajaran tersebut dapat dapat melatih siswa untuk dapat terampil dalam berargumen sesuai dengan wawasan yang dimiliki siswa (4) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan Pembelajaran Cooperative Script peneliti terjun ke dunia pendidikan dan peran pengawas sangat penting untuk membantu peneliti agar pembicara dan pendengar dapat menjalankan tugasnya dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28862 |
Actions (login required)
View Item |