Fauzi, Novita Rahmatul (2013) Penerapan pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar mendeskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas X APK di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri) / Novita Rahmatul Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fauzi Novita Rahmatul. 2013. Penerapan Pembelajaran Aktif Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Pada Siswa kelas X APK di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A . M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata kunci Team Quiz Hasil Belajar. Model pembelajaran aktif Team Quiz merupakan salah satu dalam model pembelajaran aktif yang dikembangkan oleh Silbermen. Salah satu karakteristik dari pembelajaran aktif Team Quiz ini adalah dengan cara siswa dibentuk dalam kesebuah tim dan harus menyusun pertanyaan berikut dengan jawabannya yang nantinya akan dipertandingkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan pembelajaran aktif Team Quiz pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kerjasama dengan Kolega dan pelanggan di Kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran aktif Team Quiz pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di Kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri (3) untuk mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi peneliti dalam menerapkan pembelajaran aktif Team Quiz di Kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X APK-1 SMK Pawyatan Daha 2 Kediri yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaa pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data tersebut diperoleh dari observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berupa analisis untuk mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran aktif Team Quiz analisis untuk mengetahui hasil belajar Kesimpulan hasil dari penelitian ini berupa 1) penerapan pembelajaran aktif Team Quiz pada siswa kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri dapat dikatakan baik hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari masingmasing siklus saat menerapkan pembelajaran aktif Team Quiz pada siswa kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 Kediri hal ini dibuktikan dari persentase keberhasilan tindakan pada siklus I sebesar 70 2% meningkat pada siklus II menjadi 85 2% 2) hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setiap siklusnya jika dibandingkan dengan nilai pra tindakan. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pada nilai pra tindakan menunjukkan rata-rata 69 30 dengan persentase keberhasilan dari 44 siswa yang tuntas belajar hanya 14 siswa saja (31 81%). Hasil post test siklus I sudah menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata Post Test sebesar 74 4 dengan persentase keberhasilan dari 44 siswa sebesar 75 00%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85 7 dengan persentase keberhasilan dari 44 siswa sebesar 97 72% hal ini dapat ii dikatakan meningkat sebesar 22 72% dan termasuk dalam kategori dengan pelaksanaan baik walaupun dalam pelaksanaan siklus II masih ada siswa yang belum tuntas hal tesebut dikarena siswa tersebut tidak mengikuti pembelajaran dimasing-masing siklus yang peneliti laksanakan 3) kendala dan solusi yang dihadapi peneliti selama menerapkan pembelajaran aktif Team Quiz pada siswa kelas X APK SMK Pawyatan Daha 2 kediri ini berupa siswa belum begitu terbiasa untuk menyusun kuis memandu kuis dan menjawab kuis dengan cepat maka solusinya adalah dengan memberikan rubrik batasan penyusunan soal dan memberikan batasan waktu pada setiap tim dalam memandu kuis. Saran yang diberikan adalah 1) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menyusun perencanaan dan persiapan yang lebih matang terutama dalam mengatur waktu pada saat kuis berlangsung 2) membuat rubrik pertanyaan akan membantu dalam penyusunan soal kuis sebab dengan adanya rubrik pertanyaan tersebut akan lebih memudahkan siswa dalam menyusun soal dan tidak keluar dari materi yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28860 |
Actions (login required)
View Item |