Setyaningati, Dyah Tri (2013) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa standar kompetensi menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU Bululawang Kabupaten Malang) / Dya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setyaningati Dyah Tri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Standar Kompetensi Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU Bululawang Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif team assisted individualization hasil belajar Pembelajaran yang bersifat tradisional menyebabkan siswa merasa bosan dalam belajar siswa kurang aktif karena pembelajaran didominasi oleh guru terlebih siswa tidak memiliki buku paket sebagai buku pendamping bahan ajar. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Terkait dengan model pembelajaran yang dirasa dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dan bekerjasama agar dapat memaksimalkan hasil belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui (1) penerapan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (3) kegiatan siswa setelah diterapkan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK NU Bululawang Kab. Malang yang berjumlah 28 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data dimulai pada saat observasi sebelum membuat latar belakang penelitian dilanjutkan saat pelaksanaan penelitian dan setelah penelitian dilakukan (2) penyajian data dilakukan setelah melakukan pengamatan yaitu setelah melakukan observasi dan pada saat pelaksanaan penelitian dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini diringkas (1) penerapan model Team Assisted Individualization pada standar kompetensi Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan teori langkah-langkah model pembelajaran (2) hasil belajar siswa pada post test siklus I menunjukkan hasil belajar siswa belum berhasil karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh 62 38 dan ketuntasan belajar 30 76%. Pada post test siklus II ketuntasan belajar diperoleh 88 88% dengan rata-rata kelas 83 70. Sehingga hasil post test I belum mengalami kenaikan sedangkan hasil post test siklus II sudah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan nilai ulangan harian yaitu rata-rata 64 71 dengan ketuntasan belajar 42 85% atau 12 dari 28 siswa sudah memenuhi nilai KKM yaitu 75 dan (3) hasil kegiatan siswa diperoleh rata-rata kegiatan siswa pada siklus I sebesar 87 5% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 97 91%. Beberapa kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berjalan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran (2) hasil belajar siswa meningkat dari nilai ulangan harian ke post test siklus II dan (3) hasil kegiatan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi kepala sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang menyenangkan tepat sesuai kebutuhan (2) guru dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan (3) peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28859 |
Actions (login required)
View Item |