Penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengikuti prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Putri Ekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengikuti prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Putri Ekasari

Ekasari, Putri (2013) Penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengikuti prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Putri Ekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekasari Putri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengikuti Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Try Djatmika RWW. M.A. M.Si. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk mengetahui model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan untuk mengetahui respon siswa kelas X Jurusan APK SMK PGRI 6 Malang terhadap proses pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). 12288 12288 12288 12288 Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 39 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I nilai rata-rata pre test siswa sebesar 64 49 dan nilai rata-rata post test siswa sebesar 69 36. Untuk meningkatkan nilai rata-rata kelas agar sesuai dengan standar ketuntasan minimal yakni sebesar 75 maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Setelah dilakukannya perbaikan pada penerapan siklus II nilai rata-rata pre test siswa sebesar 72 18 dan nilai rata-rata post test siswa sebesar 79 36. Hasil belajar ini mencapai harapan karena akhirnya siswa mencapai ketuntasan belajar pada akhir siklus II yakni sebesar 79 36. Selain itu penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) banyak mendapatkan respon sangat positif yang dapat dilihat dari hasil angket respon siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah Sebelum pelajaran dimulai sebaiknya peneliti menjelaskan secara rinci mengenai model pembelajaran Think-Talk-Write yang akan diterapkan pada siswa hendaknya peneliti mempersiapkan modul atau ringkasan materi (handout) yang akan diajarkan dalam hal pembagian kelompok sebaiknya peneliti membagi siswa dalam kelompok yang dibentuk secara heterogen peneliti memberikan motivasi dan pengarahan ketika diskusi berlangsung dalam penelitian selanjutnya diharapkan penerapan pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) bukan hanya pada mata pelajaran Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang bersifat produktif. Misalnya mata pelajaran Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dan Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item