Aulia, Tyas (2013) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK mata pelajaran melakukan prosedur administrasi di SMK Walisongo 1 Gempol) / Tyas Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aulia Tyas. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X APK Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Walisongo 1 Gempol). Skripsi jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran FE Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M pembimbing (II) H. Imam Bukhori S.Pd. M.M Kata Kunci Cooperative Script Motivasi Hasil belajar Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Cooperative Sctript merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil brelajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script 2) mengetahui adanya peningkatan motivasi siswa 3) mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa 4) mengetahui hambatan dan solusi pada saat penerapan Pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK 2 SMK Walisongo I Gempol yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara catatan lapangan angket tes dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Cooperative Script dilaksanakan dengan baik. Hasil motivasi belajar rata-rata yang diperoleh dari lembar pengamatan siklus I dan siklus II diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas X APK 2 meningkat dari 74 55% pada siklus I menjadi 80 89% pada siklus II sesuai dengan tabel 4.2 taraf keberhasilan tindakan termasuk dalam kategori Baik. Untuk aspek kognitif pada siklus I dan siklu II sebesar 85 00% pada siklus I meningkat menjadi 92 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran Cooperative Script mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa 2) hambatan yang dialami selama pelaksanaan penerapan model Cooperative Script dapat diatasi dengan adanya solusi yang salah satunya memberikan motivasi agar siswa lebih aktif dalam diskusi dan berani mengemukakan pendapat. Saran yang dapat peneliti berikan adalah Bagi peneliti berikutnya diharapkan apabila menggunakan model Pembelajaran Cooperative Script ini sebelum pembelajaran dimulai siswa seharusnya diberikan pengetahuan terlebih dahulu bagaimana cara memberikan pendapat pada wacana atau materi pembelajaran kelompok agar siswa tidak merasa kebingungan untuk memberikan pendapat dalam pembelajaran Cooperative Script.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28855 |
Actions (login required)
View Item |