Implementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan K3LH (studi pada siswa kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare Kabupaten Kediri) / Iva Dwi Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan K3LH (studi pada siswa kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare Kabupaten Kediri) / Iva Dwi Febriani

Febriani, Iva Dwi (2013) Implementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan K3LH (studi pada siswa kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare Kabupaten Kediri) / Iva Dwi Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriani Iva Dwi. 2013. Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan K3LH (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare Kabupaten Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M (II) I Nyoman Suputra S.E M.Si. Kata Kunci Metode Demonstrasi Motivasi dan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare pada saat pembelajaran pada Standar Kompetensi Menerapkan K3LH berlangsung didapatkan fakta bahwa masih terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan dengan mengobrol sendiri membahas hal diluar materi beberapa siswa enggan mengutarakan pendapatnya terkait dengan materi walaupun guru meminta berulang kali dan pengumpulan tugas juga cenderung tidak tepat waktu. Sedangkan pada hasil belajarnya yang diperoleh dari data nilai post test dari 43 siswa dalam satu kelas 28 (65 1%) siswa yang tuntas sedangkan 15 (34 9%) siswa lainnya belum tuntas. Selain itu Standar Kompetensi Menerapkan K3LH ini merupakan mata diktat produktif yang berbasis teori dan praktek akan tetapi dalam penerapannya masih terbatas pada teori saja dan penilaian hasil belajar masih sebatas pada aspek kognitif melihat hal tersebut seorang guru membutuhkan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi mengingat bahwa mata diktat produktif merupakan mata diktat utama dari Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan K3LH di Kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) tes catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode alur yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare dengan jumlah 43 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil penelitian bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 55 32% dalam kategori kurang pada siklus I sebesar 86 3% dalam kategori baik dan pada siklus II sebesar 91% dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 83 73% dengan ketuntasan belajar sebesar 65 1% pada siklus I sebesar 86 21% dengan ketuntasan belajar sebesar 88% dan pada siklus II sebesar 93 37% dengan ketuntasan 93%. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik menunjukkan bahwa nilai rata-rata siklus I sebesar 90% dengan ketuntasan sebesar 86% dan siklus II sebesar 92% dengan ketuntasan sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X APK SMK Bhakti Mulia Pare pada Standar Kompetensi Menerapkan K3LH. Adapun saran yang dapat disampaikan oleh peneliti yaitu (1) Bagi Guru selama penerapan metode demonstrasi alangkah baiknya bila siswa diminta untuk menjadi demonstran sehingga tidak hanya guru tetapi juga melibatkan peran serta siswa (2) Bagi Kepala Sekolah SMK Bhakti Mulia Pare peneliti menyarankan untuk mengupayakan melengkapi peralatan dan perlengkapan P3K serta pengadaan peralatan kesehatan yang lain dimana dengan adanya peralatan tersebut tidak hanya bisa digunakan dalam menghadapi kondisi bahaya di sekolah tetapi juga bisa dijadikan sebagai alat dan bahan peraga dalam pembelajaran dan (3) Bagi Peneliti Lanjutan apabila akan melaksanakan metode demonstrasi materi yang digunakan harus mempunyai karakteristik yang sepadan antar siklus untuk keefektifan hasil penelitian dan pada saat menerapkan metode ini siswa juga bisa diminta untuk menjadi demonstran untuk mengetahui sejauhmana pemahamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item View Item