Penerapan model simultaneous roundtable untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X APK mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Novia Ristania - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model simultaneous roundtable untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X APK mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Novia Ristania

Ristania, Novia (2013) Penerapan model simultaneous roundtable untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X APK mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Novia Ristania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ristania Novia. 2013. Penerapan Model Simultaneous Roundtable untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X APK Mata Pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan Di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (II) H. Imam Bukhori S.Pd. M.M. Kata Kunci Simultaneous Roundtable Motivasi Hasil Belajar 12288 12288 12288 Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia didalamnya. Guru sebagai pengajar dalam pelaksanaan pembelajaran dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga siswa akan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model Simultaneous Roundtable (2) motivasi belajar siswa pada saat diterapkan model Simultaneous Roundtable (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Simultaneous Roundtable dan (4) kendala-kedala dan solusi pada saat penerapan model Simultaneous Roundtable. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara lembar observasi tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Simultaneous Roundtable dapat dilaksanakan dengan baik. Motivasi belajar ditunjukkan rata-rata dari siklus I sebesar 78 39% meningkat menjadi 85 02% pada siklus II. Pada aspek kognitif nilai rata-rata hasil post test siklus I sebesar 81 72% meningkat menjadi 86 56% pada siklus II dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Muhammadiyah 2 Malang yaitu 80. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal aspek kognitif di siklus I sebesar 84 62% meningkat menjadi 94 87% di siklus I. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model Simultaneous Roundtable dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) Hambatan yang dialami selama pelaksanaan model Simultaneous Roundtable dapat diatasi dengan adanya solusi salah satunya yaitu memberikan motivasi dan semangat kepada siswa agar masuk sekolah tepat waktu sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan maksimal. (3) Saran yang dapat dapat digunakan sebagai bahan rujukan pada penelitian selanjutnya Sebelum pembelajaran dilakukan sebaiknya siswa sudah mempunyai pembekalan tentang bagaimana belajar menyampaikan pendapat dalam struktur pembelajaran secara tim sehingga siswa sudah mempunyai persiapan yang maksimal dan siswa tidak bingung dengan model pembelajaran yang diterapkan peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item