Pengaruh lubang intake manifold pada honda megapro 160 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / M. A. ABDIYA KARIM HABIBI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lubang intake manifold pada honda megapro 160 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / M. A. ABDIYA KARIM HABIBI

Habibi, M. A. Abdiya Karim (2023) Pengaruh lubang intake manifold pada honda megapro 160 cc terhadap daya dan konsumsi bahan bakar / M. A. ABDIYA KARIM HABIBI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah pengguna kendaraan bermotor yang terus meningkat setiap tahunnya khususnya pada sepeda motor. Dengan adanya harapan yang diinginkan masyarakat menggunakan sepeda motor yang dapat menghasilkan daya besar namun dengan kapasitas mesin kecil dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan bisa lebih hemat. Tujuan dari perubahan penggunaan intake manifold cylinder head porting dimple dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara mesin yang menggunakan intakke manifold cylinder head standart dengan intake manifold cylinder head porting dimple terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Megapro 160 cc. Penelitian data uji daya dilakukan menggunakan alat dynotest sedangkan untuk pengujian data konsumsi bahan bakar menggunakan gelas ukur atau buret dan stopwatch. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan intake manifold cylinder head porting standart dibandingkan dengan intakke manifold cylinder head porting dimple tidak ada pengaruh yang signifikan sebab daya yang dihasilkan intake manifold cylinder head porting standart stabil pada putaran rendah hingga putaran tingginya. Sedangkan intakke manifold cylinder head porting dimple mengalami peningkatan daya pada putaran atasnya saja hal itu dipengaruhi oleh cekungan-cekungan yang dilewati aliran bahan bakar dan udara menjadikan hambatan pada putaran rendah dan aliran mulai mengalami transisi sampai menjadi turbulen pada putaran atasnya. Tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin yang menggunakan intake manifold cylinder head porting dimple dengan adanya cekungan-cekungan pada dindingnya yang menyebabkan aliran udara dan bahan bakar lebih homogen. Dengan demikian untuk penelitian ini disarankan perlu adanya penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan intake manifold cylinder head porting dimple terhadap akselerasi dan konsumsi bahan bakar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 07 Dec 2023 03:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288529

Actions (login required)

View Item View Item