Penerapan metode pembelajaran brainstorming untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas xi tkro di smk negeri 6 malang / Bagas Sukmantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran brainstorming untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas xi tkro di smk negeri 6 malang / Bagas Sukmantoro

Sukmantoro, Bagas Sukmantoro (2023) Penerapan metode pembelajaran brainstorming untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas xi tkro di smk negeri 6 malang / Bagas Sukmantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran brainstorming dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran brainstorming dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan kompetensi dasar mempelajai cara kerja siswa air conditioner (AC) di kelas XI TKRO 3 SMK N 6 Malang dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 3 SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini memakai teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran brainstoriming diketahui bahwa prestasi belajar ranah kognitif siswa sebelum penelitian sebesar 41 67% siklus I sebesar 58 33% dan siklus II sebesar 82 85%. Sedangkan keaktifan belajar siswa sebelum penelitian sebesar 48 95% siklus I sebesar 59 72% dan siklus II sebesar 73 30%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI TKRO 3 mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288528

Actions (login required)

View Item View Item