Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pendingin kelas xi teknik kendaraan ringan di smk negeri 10 malang / Rizki Puspito Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pendingin kelas xi teknik kendaraan ringan di smk negeri 10 malang / Rizki Puspito Aji

Aji, Rizki Puspito Aji (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pendingin kelas xi teknik kendaraan ringan di smk negeri 10 malang / Rizki Puspito Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari pengaruh besar pendidikan di dalamnya. Makna pendidikan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 adalah upaya sadar dan terencana guna menciptakan kondisi belajar dan proses pembelajaran supaya siswa aktif menumbuhkan potensi diri. Praktik di lapangan ditemukan banyak permasalahan dalam proses mengajar guru yang kurang interaksi dengan siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai. Masalah ini telah menimbulkan kesenjangan antara tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dengan hasil belajar yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan kombinasi berpikir dan berinteraksi yang dibungkus dalam sebuah permainan agar dapat memberikan suasana menarik saat belajar sehingga siswa lebih aktif dalam memberikan pendapat maupun mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pendingin yang dilaksanakan melalui model pembelajaran tipe Snowball Throwing. pendekatan berdasarkan siklus ide Kemmis dan McTaggart. Dengan begitu rata-rata nilai tes hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan secara signifikan yakni mencapai angka 82. Persentase hasil belajar pun naik dari 42% menjadi 91%. Dalam hal ini hasil belajar siswa telah mencapai kategori sangat baik sehingga siklus diberhentikan. Peningkatan yang cukup besar pada kegiatan pra siklus siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pendingin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288527

Actions (login required)

View Item View Item