Penerapan pembelajaran Time Toiken Arends untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Melakykan Prosedur Administrasi (Studi pada siswa kelas X APK di SMK Walisongo 1 Gempol) / Hutri Setya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Time Toiken Arends untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Melakykan Prosedur Administrasi (Studi pada siswa kelas X APK di SMK Walisongo 1 Gempol) / Hutri Setya Dewi

Dewi, Hutri Setya (2013) Penerapan pembelajaran Time Toiken Arends untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Melakykan Prosedur Administrasi (Studi pada siswa kelas X APK di SMK Walisongo 1 Gempol) / Hutri Setya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Hutri Setya. 2013. Penerapan Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (Studi pada Siswa Kelas X APK di SMK Walisongo 1 Gempol). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. (2) Dr. H. Heri Pratikto M.Si Kata kunci Time Token Arends Motivasi Hasil Belajar. Pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) yaitu pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa di kelompok dalam menemukan dan mengembangkan pengetahuan yang ada interaksi tatap muka dan adanya komunikasi antar anggota kelompok serta adanya evaluasi proses belajar. Model pembelajaran Time Token Arends merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Time Token Arends pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di kelas X APK SMK Walisongo 1 Gempol (2) Mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa (3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa (4) Mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dan solusi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMK Walisongo 1 Gempol pada siswa kelas X APK yang berjumlah 39 siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Data penelitian ini diperoleh dari (1) Observasi (2) Wawancara (3) Catatan Lapangan (4) Angket (5) Tes (6) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar yang diperoleh dari angket motivasi menunjukkan persentase 77 42% pada siklus I dengan kategori Baik menjadi 83 07% pada siklus II dengan kategori Sangat Baik . Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh dari hasil Post Test menunjukkan peningkatan dari 83 33% pada siklus I menjadi 91 89% untuk jumlah siswa yang tuntas belajar. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sekolah dapat mendukung guru untuk mengembangkan dan menjadikan model pembelajaran Time Token Arends sebagai salah satu alternatif pilihan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk peneliti lain dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dan mata pelajaran lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28852

Actions (login required)

View Item View Item