Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare / Sofi Riska Mulyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare / Sofi Riska Mulyanto

Mulyanto, Sofi Riska (2013) Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare / Sofi Riska Mulyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Motivasi Belajar Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa termasuk motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Motivasi belajar termasuk faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar yang diartikan sebagai keadaan pribadi belajar dan mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai hasil belajar. Siswa yang memiliki suatu kebiasaan belajar yang dilaksanakan secara teratur dan berkesinambungan akan dapat membantu penguasaan siswa terhadap mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) Bagaimana kondisi motivasi belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare (2) pengaruh antara motivai belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare (3) pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare. Variabel dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar (X_1) dan Kebiasaan Belajar (X_2) serta Prestasi Belajar (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian motivasi belajar dan kebiasaan belajar didasarkan pada persepsi siswa. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 77 siswa. Teknik pengambilan data untuk variabel motivasi belajar dan kebiasaan belajar adalah dengan menggunakan angket. Sedangkan pengambilan data variabel prestasi belajar siswa dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang positif signifikan Motivasi belajar (X_1) terhadap Prestasi Belajar (Y) nilai Sig-t 945 0 05 dan t_hitung 0 388 t_tabel 0 2242. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X_1) berpegaruh secara sigifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) (2) terdapat pengaruh yang positif signifikan Kebiasaan Belajar (X_2) terhadap Prestasi Belajar (Y) nilai Sig-t 0 000 0 05 dan t_hitung 0 542 t_tabel 0 2242. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar (X_2) berpegaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan (1) siswa bisa meningkatkan lagi motivasi belajarnya. Peran dari berbagai berbagai pihak sangat diperlukan baik dari diri siswa sendiri dari orang tua siswa dan juga dari guru di sekolah. Hendaknya peran dari berbagai pihak tersebut bisa berjalan secara beriringan. Peran dari orang tua apabila tidak diiringi adanya keinginan dari siswa itu sendiri juga tidak akan berjalan begitu juga sebaliknya (2) Kebiasaan belajar siswa hendaknya juga lebih ditingkatkan lagi supaya keberhasilan siswa dalam belajar juga meningkat (3) guru diharapkan bisa menjadi motivator siswa di sekolah sedangkan orang tua hendaknya menjadi teman atau motivator siswa di rumah sehingga kesulitan belajar siswa bisa sedikit teratasi apabila orang tua mendampingi siswa di rumah dan di sekolah lebih diperhatikan lagi karena dengan adanya kelengkapan belajar tersebut siswa akan lebih termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu peran antara siswa orang tua dan guru di sini sangat diperlukan demi keberhasilan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item