Pengaruh persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Malang) / Toni Indarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Malang) / Toni Indarta

Indarta, Toni (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Malang) / Toni Indarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indarta Toni. 2011.Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kondisi Laboratorium Mengetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengetik Manual (Studi Pada Siswa Kelas Sebelas Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Malang Tahun Ajaran 2010/2011).Pembimbing (I) Drs. Muhammad Arief M.Si (II)Drs. Sarbini. Kata Kunci persepsi siswa prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Mengetik adalah salah satu mata diklat yang penting bagi siswa SMK program keahlian Administrasi Perkantoran. Mata diklat ini memiliki tujuan agar siswa dapat menggunakan mesin tik manual untuk format/formulir dan dapat menguasai keyboard dengan 10 jari buta. Tujuan ini dapat tercapai dengan baik jika didukung dengan kondisi laboratorium yang baik karena dalam kenyataannya laboratorium mengetik merupakan fasilitas utama yang digunakan siswa dalam belajar mengetik. Hal ini dikarenakan keberadaan mesin ketik manual yang sudah jarang ditemui dilingkungan masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Pihak sekolah berkewajiban menyediakan laboratorium mengetik yang baik/memenuhi standart agar pada awal pelajaran siswa sudah mempunyai persepsi baik tentang laboratorium mengetik. Persepsi siswa yang positif terhadap laboratorium mengetik akan menghasilkan tindakan yang positif juga bagi mereka sehingga dapat mendukung prestasi belajar. Pentingnya persepsi positif siswa tentang kondisi laboratorium mengetik ini menarik peneliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa semua dijadikan responden sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menggambarkan kondisi masing-masing variabel yaitu variabel terikat (Persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik) dan variabel bebas (prestasi belajar). Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana yaitu menganalisis ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mengetik manual (pada siswa kelas sebelas program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 TurenMalang). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Persepsi siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Malang tentang kondisi laboratorium mengetik manual SMK Negeri 1 Turen adalah baik. (2) Prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Malang pada mata pelajaran mengetik manual tengah semester gasal tahun ajaran 2010/2011 tergolong baik. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik manual terhadap prestasi belajar mengetik manual siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 TurenMalang. (4) Persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik di SMK Negeri 1 Turen Malang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI APK pada mata pelajaran mengetik manual hanya sebesar 56 9 % sedangkan 43 1 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik. 12288 12288 12288 12288 Saran yang bisa diberikan oleh penulis adalah (1) Kepala Sekolah sebagai administrator dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah hendaknya memperhatikan persepsi siswa tentang kondisi laboratorium mengetik yang masih dalam kategori cukup yaitu dengan mengamati langsung kekurangan-kekurangan yang terjadi saat praktek. Hal ini sangat membantu dalam pengembangan laboratorium mengetik untuk mendapatkan laboratorium yang baik dan sesuai dengan keinginan siswa. (2) Guru hendaknya dapat mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium mengetik manual (yaitu dengan menambah jam praktek) walaupun dengan kondisi laboratorium mengetik yang masih banyak kekurangan sehingga siswa akan lebih memahami materi yang diberikan. (3) Siswa sebaiknya menerima kondisi laboratorium mengetik yang ada saat ini yaitu dengan menjaga dan memanfaatkannya agar siswa dapat menggunakan laboratorium mengetik sesuai dengan fungsinya secara efektif. (4) Suatu penelitian selanjutnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sebaiknya peneliti mengambil faktor alternatif yang lainnya yang lebih memiliki banyak kontribusi terhadap prestasi belajar itu sendiri misalnya motivasi siswa intelegensi siswa kemampuan tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28850

Actions (login required)

View Item View Item