Penerapan metode pembelajaran kooperatif model kepala bernomor struktur untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model kepala bernomor struktur untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Shaleh, Muhammad (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model kepala bernomor struktur untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shaleh Muhammad. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Standar Kompetensi Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Kepala Bernomor Struktur Aktivitas Hasil Belajar 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model Kepala Bernomor Struktur pada mata diklat Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran (2) aktivitas belajar siswa pada saat diterapkan model Kepala Bernomor Struktur pada mata diklat Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Kepala Bernomor Struktur pada mata diklat Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kab Malang yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh persentase keberhasilan penerapan model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur pada siklus I sebesar 77 33% dan meningkat menjadi 89 33% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa hanya 15 siswa atau sebesar 41 66% yang berhasil memenuhi taraf keberhasilan pada siklus I akan tetapi aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 46 45% yaitu sebanyak 31 siswa atau sebesar 88 11% yang berhasil memenuhi taraf keberhasilan pada siklus II. Aspek kognitif dinilai dari nilai pre test dan post test dengan Standar Ketuntasan Minimum (SKM) di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yaitu 75 00. Pre-test yang digunakan sebagai acuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama ini siswa yang mampu memenuhi SKM berjumlah 16 siswa atau sebesar 44 44% dari jumlah seluruh siswa di dalam kelas dan dengan rata-rata nilai kelas 69 1944. Pada pertemuan kedua (siklus I) peneliti memberikan post-test dan jumlah siswa yang mampu memenuhi SKM meningkat menjadi 30 siswa atau sebesar 83 33% dari jumlah seluruh siswa di dalam kelas dan dengan rata-rata nilai kelas 81 8055. Pada pertemuan ketiga (siklus II) peneliti kembali memberikan pre-test dan jumlah siswa yang mampu memenuhi SKM yaitu 30 siswa atau sebesar 83 33% dari jumlah seluruh siswa di dalam kelas dan dengan rata-rata nilai kelas 83 9722. Pada pertemuan keempat (siklus II) peneliti kembali memberikan post-test dan jumlah siswa yang mampu memenuhi SKM meningkat menjadi 32 siswa atau sebesar 88 88% dari jumlah seluruh siswa di dalam kelas dan dengan rata-rata nilai kelas 85 3888. Di samping itu berdasarkan data hasil observasi terjadi peningkatan nilai afektif siswa dari siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 77 25 menjadi 85 97 pada siklus II. Adapun sebagai tambahan diperoleh juga hasil diskusi kelompok siswa dimana juga terjadi peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 82 5 menjadi 87 16 pada siklus II. 12288 12288 12288 Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain (1) Bagi guru bidang studi pembelajaran dengan model Kepala Bernomor Struktur dapat dijadikan alternatif pilihan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Serta seorang guru sebaiknya memberikan penguatan (reinforcement) baik berupa kata-kata pujian acungan jempol atau hadiah agar siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Bagi siswa perlu menambah keberanian untuk menyampaikan ide/pendapat agar dapat memupuk rasa percaya diri dan lebih aktif lagi dalam mencari informasi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari. (3) Bagi peneliti selanjutnya referensi yang digunakan semakin dikembangkan lagi tidak hanya buku teks saja tetapi juga jurnal artikel agar terkesan lebih menarik dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item View Item