Arista, Dio Elok (2013) Penerapan metode role playing berdasarkan pengamatan lapangan untuk meningkatkan hasil belajar memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang) / Dio Elok Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arista Dio Elok. 2013. Penerapan Metode Role Playing berdasarkan Pengamatan Lapangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APK 1 SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Wahju Wibowo A.Md S.E. M.Si Kata Kunci Penerapan Role Playing Pengamatan Lapangan Hasil Belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan cara meningkatkan ketrampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Dengan adanya model pembelajaran yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang diharapkan. 12288 12288 12288 12288 Metode role playing berdasarkan pengamatan lapangan adalah metode pembelajaran yangmengaitkan materi pembelajaran dengan peristiwa-peristiwa dunia nyata yang dilakukan dengan mengamati aktivitas yang ada di sekitar mereka yang kemudian mereka perankan di depan kelas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Taggart dalam rancangan pembelajaran dalam 2 siklus tiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Analisis data dilakukan pada setiap kali siklus pembelajaran berakhir. waktu dataterkumpul dengan mendeskripsikan temuan-temuan yang ada selama prosespembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode role playing dengan outdoor study mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil itu terlihat dengan adanya perubahan perilaku siswa hasil penelitian itu menunjukkan pada siklus I nilai awal siswa ke post test siklus I meningkat dengan rata-rata dari 70 3 menjadi 75 08 meningkat sebesar 4 78. Sedangkan pada siklus II Nilai rata-rata post test siklus I ke post test siklus II meningkat dari 75 08 menjadi 88 8 meningkat sebesar 13 72. Saran Penelitian yaitu hendaknya pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap agar siswa lebih mudah dalam memperoleh informasi dan mempermudah dalam proses pembelajaran. Serta dalam proses pembelajaran hendaknya guru memberikan variasi metode yang sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan sehingga siswa bisa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28848 |
Actions (login required)
View Item |