Penerapan kolaborasi model pembelajaran ceramah bervariasi dengan rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Finda Pretty Silvana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran ceramah bervariasi dengan rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Finda Pretty Silvana

Silvana, Finda Pretty (2013) Penerapan kolaborasi model pembelajaran ceramah bervariasi dengan rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen) / Finda Pretty Silvana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Silvana Finda Pretty. 2013. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. (II) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Ceramah Bervariasi Rotating Trio Exchange Aktivitas Hasil Belajar. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan siswa mengalami proses pembelajaran secara langsung dengan mengaktifkan lebih banyak indera. Berkaitan dengan hal itu maka peneliti memberikan inovasi pembelajaran dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen dengan jumlah 39 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange terdapat 4 tahapan yaitu (a) tahap penyajian awal (b) tahap penyajian materi (c) tahap diskusi kelompok dan (d) tahap pembahasan hasil diskusi (2) Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 77% sedangkan aktivitas nilai karakter bangsa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8 71% (3) Hasil belajar siswa meliputi 3 (tiga) aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotor. Hasil belajar aspek kognitif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16 91%. Hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11 22%. Hasil belajar aspek psikomotor dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 69%. Berdasarkan hasil tersebut saran yang diberikan peneliti antara lain (1) bagi siswa dapat lebih mengemukakan pendapat dalam diskusi dapat bekerjasama dalam kelompok dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (2) bagi guru dapat menerapkan kolaborasi model pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Rotating Trio Exchange sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang lebih bervariasi (3) bagi sekolah hendaknya menghimbau agar guru dapat menjadikan model pembelajaran kooperatif sebagai model pembelajaran di kelas yang tentunya relevan dengan masing-masing standar kompetensi dan (4) bagi peneliti selanjutnya dapat sebagai sumber informasi dan sarana pertimbangan dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item