Pengembangan media pembelajaran mengetik berbasis Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mengetik siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Ridwan Juli Fitrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mengetik berbasis Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mengetik siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Ridwan Juli Fitrianto

Fitrianto, Ridwan Juli (2013) Pengembangan media pembelajaran mengetik berbasis Adobe Flash CS3 untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mengetik siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Ridwan Juli Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash motivasi dan Kemampuan Mengetik. Media pembelajaran game interaktif mengetik 10 jari digunakan untuk meningkatkan hasil belajar terutama kemampuan mengetik siswa. Siswa belajar dengan menyenangkan sehingga dapat melatih kemampuan mengetik lebih lama karena siswa tidak merasa bosan. Siswa Administrasi perkantoran yang diwajibkan dapat mengetik dengan cepat perlu di imbangi dengan media pembelajaran yang menarik agar mempunyai minat belajar. Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung dalam pengembangan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran Mengetik Berbasis Adobe Flash CS3 Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengetik Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X APK di SMK Kosgoro 1 Lawang) Adapun tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan bentuk pengembangan media pembelajaran latihan dan game interaktif yang baik dan menarik untuk meningkatkan kemampuan siswa pada standar kompetensi Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi. Selain itu untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa X APK di SMK Kosgoro 1 Lawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia interaktif yang mengadopsi dari model Borg dan Gall dengan tahapan (1) Potensi dan Masalah (2) pengumpulan data (3) desain Produksi (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produksi (7) Revisi Produksi (8) Produk. Hasil validasi ahli materi mencapai 77 78% yang menyatakan media cukup valid/dapat digunakan dan untuk hasil validasi media 93 42% yang menyatakan media valid/dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media interaktif kurang dapat meningkatkan hasil belajar siswa tetapi meningkatkan motivasi siswa. Hal ini di buktikan dengan hasil nilai posttest dan preetest yaitu jumlah rata-rata nilai posttest berjumlah 96 huruf per menit dan jumlah nilai rata-rata preetest berjumlah 102 huruf per menit. Jadi peningkatan kemampuan mengetik menggunakan media kurang meningkat tajam. Motivasi dapat dilihat dari hasil angket dimana hasil porsentase 76% dengan keterangan bahwa media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar. Saran kepada guru khususnya untuk menggunakan media game interaktif mengetik 10 jari sebagai alternatif dalam mengatasi masalah belajar siswa khususnya dalam standar kompetensi Keterampilan Komputer Pengelolaan Informasi tetapi untuk penerapan di sekolah perlu memperhatikan sarana komputer untuk 1 orang 1 komputer. Selain itu dalam penggunaan media hendaknya guru menggunakan sound.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28844

Actions (login required)

View Item View Item