Sari, Herlita (2013) Pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis MS Paint untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi stenografi (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 1 Tulungagung) / Herlita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media Pembelajaran Video Tutorial Motivasi dan Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK PGRI 1 Tulungagung khususnya pada Standar Kompetensi Stenografi terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalah yang paling penting untuk diatasi adalah rendahnya motivasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran Stenografi. Melihat permasalahan yang ada maka media video tutorial sebagai media pembelajaran dikembangkan untuk memberikan variasi pada pembelajaran stenografi. Media pembelajaran video tutorial digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Program media pembelajaran ini dirancang dengan bantuan MS Paint dan dibantu dengan beberapa aplikasi lain diantaranya Aurora 3D Presentation Camtasia Studio 8 Power Director Adobe Photoshop dan Xilisoft Video Converter Ultimate. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media video tutorial yang mengadopsi dari model Borg and Gall yang telah disesuaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data mengenai penilaian ahli materi dan ahli media dan untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil validasi ahli materi mencapai 87 50% yang menyatakan media valid/dapat digunakan dan untuk hasil validasi ahli media mencapai 85 41% yang menyatakan media valid/dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media video tutorial mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat dilihat dari hasil angket dimana 85% siswa menjawab bahwa media pembelajaran video tutorial mampu meningkatkan motivasi belajar. Hasil belajar siswa dari hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen melalui t-test independent sample yang memperoleh nilai signifikan 0.000 0.05 dimana H0 ditolak sehingga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial berbasis MS Paint ini layak digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran stenografi. Berdasarkan hasil penelitian ini disaran kepada guru khususnya untuk memanfaatkan media pembelajaran video tutorial sebagai alternatif dalam memberikan variasi pada proses pembelajaran khususnya dalam standar kompetensi stenografi tetapi untuk penerapan di sekolah perlu memperhatikan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan untuk menunjang pemanfaatan secara optimal. Selain itu dalam penggunaan media video tutorial hendaknya guru menggunakan sound yang baik agar suara dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |