Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kiki Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kiki Kurniawati

Kurniawati, Kiki (2013) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kiki Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Make a Match Keaktifan Hasil Belajar Pembelajaran model Make a Match dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pembelajaran model Make a Match merupakan variasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi keaktifan siswa dalam belajar maka semakin baik hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan model Make a Match (2) Keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model Make a Match (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model Make a Match dan (4) Hambatan-hambatan dan solusi pada saat penerapan model Make a Match pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana dalam setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes dan catatan lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran model Make a Match sangat bermanfaat bagi siswa karena telah terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa keaktifan belajar siswa yang pada siklus I sebesar 61 9% meningkat pada siklus II sebesar 85 1% (2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match mengalami peningkatan dimana diketahui pada nilai awal sebelum penerapan model Make a Match dengan nilai rata-rata 76 95 ke Post Test I 25% dengan nilai rata-rata 78 4 dan meningkat pada nilai Post Test II 35% dengan nilai rata-rata 80 6. Adapun beberapa saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) Guru hendaknya menggunakan model Make a Match dan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal dalam kelas (2) Siswa hendaknya memperhatikan tahapan-tahapan dalam model pembelajaran Make a Match (3) Kepala Sekolah hendaknya memberikan acuan kepada sekolah untuk mencoba menerapkan pada mata pelajaran yang lain (4) Peneliti selanjutnya berdasarkan temuan penelitian terjadi perubahan yang mendasar pada aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh faktor teknis yang tidak terkendali sehingga perlu diteliti pada subyek yang berbeda dan lebih dipersiapkan untuk menghindari keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item