Penerapan pembelajaran aktif model team quiz berbasis demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensi menangani penggandaan dokumen kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen Malang / Putri Febri Arishani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran aktif model team quiz berbasis demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensi menangani penggandaan dokumen kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen Malang / Putri Febri Arishani

Arishani, Putri Febri (2013) Penerapan pembelajaran aktif model team quiz berbasis demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensi menangani penggandaan dokumen kelas X APK 2 SMK Widya Dharma Turen Malang / Putri Febri Arishani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci team quiz aktivitas hasil belajar Berdasarkan observasi awal di SMK Widya Dharma Turen Malang permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas X Apk 2 yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dengan materi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Hal ini karena situasi pembelajaran yang kurang menyenangkan menyebabkan siswa bosan dalam kegiatan belajar sehingga siswa tidak giat dalam belajar. Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan pembelajaran aktif model Team Quiz berbasis demonstrasi. Pembelajaran aktif model Team Quiz berbasis demonstrasi berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar mengaktifkan siswa untuk bertanya maupun menjawab dan meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif model Team Quiz berbasis demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Menangani Penggandaan Dokumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Apk 2 SMK Widya Dharma Turen Malang yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara tes dokumentasi catatan lapangan dan pengamatan partisipan. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78 2% ke siklus II sebesar 90 38%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77 02 ke siklus II sebesar 82 1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif model Team Quiz berbasis demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Apk 2 SMK Widya Dharma Turen Malang. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu penerapan model Team Quiz agar dapat digunakan untuk menambah bahan literatur pada penelitian selanjutnya khususnya yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model Team Quiz juga dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran pada standar kompetensi atau mata pelajaran lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28837

Actions (login required)

View Item View Item