Artanti, Yunita Ratna (2013) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction) untuk meningkatrkan hasil; belajar siswa (Studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI APK di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Yunita Ratna Artanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yanti Dama. 2014. Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Membuka Usaha Ritel (studi pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 3 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. (II) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M M. Kata kunci Aktivitas Hasil Model Pembelajaran TAI Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar siswa. Factor utama adalah intelegensi dan latarbelakang siswa yang beragam. Oleh karena itu guru perlu alternative model pembelajaran untuk mengatasi keberagaman karakteristik siswa tersebut. Alternative yang dapat dilakukan guru yaitu melalui penggunaan model pembelajaran TAI dengan menggunakan pembelajaran model TAI siswa akan dikelompokkan kedalam kelompok awal yang dibentuk secara heterogen dengan tujuan agar dapat saling bekerjasama dan bertukar informasi antar siswa yang beragam tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kooperatif model TAI terhadap aktivitas dan hasil belajar Membuka Usaha Ritel. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Blitar. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari post-test. Analisis data untuk aktivitas data dihitung dengan membagi skor tiap descriptor dengan total descriptor kemudian dikali 100. Sedangkan untuk menghitung rata-rata dari hasil belajar dengan membagi jumlah nilai keseluruhan dengan jumlah siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif model TAI dilihat dari tercapainya kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan. Aktivitas siswa pada siklus I pada pertemuan I sebesar 53 25% sedangkan pertemuan II sebesar 55.69% dalam kategori Cukup . Dan aktivitas siswa pada siklus II pertemuan III sebesar 61.25% sedangkan pertemuan ke IV sebesar 71% dengan taraf keberhasilan Baik . Hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran TAI pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 75 89% dan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebasar 4.14% dengan nilai rata-rata 80.03% Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Membuka Usaha Ritel adalah menjadikan model TAI sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk mengujicobakan model TAI pada materi berbeda dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi serta mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari model TAI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28836 |
Actions (login required)
View Item |