Arisanti, Petty (2013) Penerapan koloborasi model pembelajaran Numbered Head Togrther dan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang) / Petty Arisanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran dengan melibatkan siswa secara kolaboratif dalam kelompok dengan adanya ketergantungan positif antar siswa tanggung jawab perseorangan serta komunikasi antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dapat berpikir kritis dan ketrampilan dalam pemecahan masalah sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka. Penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Problem Based Learning menjadi alternatif model pembelajaran yang saling melengkapi diantara keduanya menjadikan siswa bekerja secara kooperatif mengerjakan studi kasus merasa menyenangkan dan bersemangat. Fokus penelitian yang diambil yaitu (1) Bagaimana penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (2) Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Tujuan pada penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 22 siswa pada semester ganjil 2012/2013. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 10 03%. Hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19 93% sedangkan pada aspek psikomotor pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16 20%. ii Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini sebaiknya sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa sesuai dengan karakteristik mata pelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satunya dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Problem Based Learning. Bagi guru sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi serta mata pelajaran lainnya yang mengajarkan keterampilan siswa. Bagi siswa dapat melatih berpikir kritis dapat memcahkan suatu permasalahan bekerja secara kooperatif berani mengungkapkan pendapat dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28835 |
Actions (login required)
View Item |