Fikriyatuzzahro', Halla (2013) Pengaruh pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Halla Fikriyatuzzahro'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengaturan Diri dalam Belajar Hasil Belajar Sekolah merupakan suatu lembaga formal yang menjadi sarana terwujudnya tujuan pendidikan. Di sekolah inilah siswa memperoleh pengetahuan dengan belajar berbagai macam hal. Hasil yang dicapai oleh peserta didik dari belajar tersebut adalah hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif antara variabel pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 105 orang. Sampel yang diambil sebanyak 82 siswa dengan teknik proportional random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 20 for Windows dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu metakognitif motivasi dan perilaku memiliki pengaruh secara positif terhadap variabel dependen. Ketiga variabel ini mampu menjelaskan hasil belajar sebesar 62 2%. Sedangkan sisanya 37 8% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian yang juga mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan temuan di atas dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) bagi siswa dapat lebih mengatur kegiatan belajarnya secara efektif serta kesadaran akan pentingnya belajar untuk meraih masa depan dan kualitas generasi muda yang lebih baik (2) guru bimbingan konseling perlu merancang program layanan konsultasi masalah belajar agar dapat membantu siswa dalam mengatur cara belajar yang benar guna mencapai hasil belajar yang maksimal (3) guru bidang studi diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk selalu merangsang kemampuan kognitif siswa agar lebih antusias berfikir yaitu bisa dengan pembelajaran kooperatif model peta konsep (mind mapping) (4) untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |