Pengembangan media pembelajaran berupa modul pemograman cnc turning menggunakan software cam pada SMK Teknik Pemesinan / Maya Sofiana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berupa modul pemograman cnc turning menggunakan software cam pada SMK Teknik Pemesinan / Maya Sofiana</p>

Sofiana, Maya (2023) Pengembangan media pembelajaran berupa modul pemograman cnc turning menggunakan software cam pada SMK Teknik Pemesinan / Maya Sofiana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan berkembangannya teknologi maka bidang pendidikan juga mengalami perkembangan salah satu bukti bahwa bidang pendidikan mengikuti perkembangan teknologi adalah adanya mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM yang ada pada tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Teknik Pemesinan mata pelajaran ini adalah mata pelajaran yang mengajarkan tentang cara memgambar memprogram serta mengoperasikan mesin CNC. Dengan seiring berkembanganya teknologi tersebut maka software untuk membuat program untuk mesin CNC juga mengalami perkembangan salah satunya yaitu update dari Mastercam X5 ke Mastercam X9. Berdasarkan hasil observasi di SMK Islam 1 Blitar dengan digunakannya software Mastercam X9 sebagai sarana pembelajaran maka terdapat kurangnya referensi mengenai software Mastercam X9. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran guna untuk menambah referensi proses pengoperasian software Mastercam X9. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji kelayakannya. Dalam penelitian ini dipilih model Borg amp Gall dikarenakan metode ini melibatkan tahapan uji kelayakan produk yang terdiri dari Penelitian dan Pengumpulan Informasi Perencanaan Pengembangan Produk Awal Uji Coba Tahap Awal Revisi Produk Awal Uji Coba Utama Revisi Produk Akhir Desiminasi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu para ahli dan calon pengguna yang mana para hali terdiri dari 2 ahli media dan 3 ahli materi dan calon pengguna yaitu 72 siswa kelas 11 serta 2 guru mata pelajaran Teknik Pemesinaan NC/CNC dan CAM. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa Modul Pemrograman CNC Turning Menggunakan Software CAM yang telah melalui proses uji kelayakan oleh para ahli dan proses uji coba. Hasil persentase dari ahli media yaitu 95% ahli materi 94 4% uji tahap awal 83 33% dan uji coba utama 89 38%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki predikat sangat layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288298

Actions (login required)

View Item View Item