Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK 2 SMK N 1 Bojonegoro) / Eva Mirza Syafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK 2 SMK N 1 Bojonegoro) / Eva Mirza Syafitri

Syafitri, Eva Mirza (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK 2 SMK N 1 Bojonegoro) / Eva Mirza Syafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) proses belajar hasil belajar Dalam pembelajaran konvensional guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran. Keaktifan kelas juga masih sering didominasi oleh beberapa siswa saja dan siswa masih sulit bekerjasama dengan siswa yang lain sehingga keaktifan siswapun tidak menyeluruh. Agar siswa lebih termotivasi dan dapat bekerjasama dengan baik dengan siswa yang lain maka perlu dilakukan tindakan oleh Guru untuk mengatasi beberapa permasalahan dalam belajar yaitu salah satunya dapat dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TSTS. Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan dengan kompetensi dasar Menentukan Sistem Kearsipan dengan menerapkan model pembelajaran TSTS. Upaya peneliti dalam mencapai tujuan tersebut maka peneliti merancang penilitian dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 2 SMKN 1 Bojonegoro yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui lembar observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah penerapan pembelajaran dengan model TSTS proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan presentase keberhasilan proses meningkat dari 62 87% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 89 12%. Sedangkan hasil belajar siswa pada mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II baik pada bidang kognitif afektif dan psikomotorik. Pada aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 10 34% dimana pada siklus I rata-rata nilai postes siswa adalah sebesar 85 52 meningkat menjadi 95 86 pada siklus II pada hasil belajar afektif terjadi peningkatan sebesar 28% dari siklus I ke siklus II dari rata-rata nilai 66 menjadi 94 pada siklus II dan terjadi pula peningkatan nilai bidang psikomotorik sebesar 24% dari siklus I ke siklus II yaitu rata-rata nilai psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 66 menjadi 90 pada siklus II. Berdasarkan data diatas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan model pembelajaran kontekstual yang menarik lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item