Penerapan metode pembelajaran berbasis kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa (studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran) / Puguh Erdin Supardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran berbasis kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa (studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran) / Puguh Erdin Supardi

Supardi, Puguh Erdin (2013) Penerapan metode pembelajaran berbasis kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa (studi pada siswa kelas X APK 3 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran) / Puguh Erdin Supardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supardi Puguh Erdin. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa. (Studi Pada Siswa Kelas X APK 3 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Pada Mata Pelajaran Prinsip Penyelengaraan Administrasi Perkantoran). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Jaman A.P. M.Si (II) Drs. Sarbini. Kata kunci pembelajaran kooperatif model Jigsaw aktifitas dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi penelitian bahwa telah terjadi kesenjangan perolehan nilai hasil ulangan harian yang sebelumnya diselenggarakan oleh guru mata pelajaran prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penyebabnya ternyata adalah pola ajar yang kurang menekankan pada siswa sehingga terlihat perbedaan antara siswa yang pintar dengan siswa yang kurang pintar. Untuk dapat menyamarkan kesenjangan yang terlihat tersebut serta agar lebih meningkatkan hasil belajar maka perlu dilakukan varian dalam proses belajar mengajar misalnya dengan pembelajaran kooperatif. 12288 12288 12288 12288 Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model Jigsaw. Melalui pembelajaran kooperatif model Jigsaw siswa dilatih untuk dapat bekerjasama saling mendengarkan pendapat teman dan bertanggung jawab dalam menunjukkan penguasaanya terhadap materi yang ditugaskan oleh guru. 12288 12288 12288 12288 Penelitian tindakan kelas (PTK) pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kompetensi dasar mengidentifikasi persyaratan personil administrasi perkantoran kelas X APK 3 SMK Muhammadyah 5 Kepanjen serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw ini berlangsung 12288 12288 12288 12288 Data penelitian berupa peningkatan hasil belajar siswa yang didasarkan pada nilai tes prestasi belajar yang dilakukan di setiap akhir siklus yang disebut post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama siswa kelas X APK 3 SMK Muhammadyah 5 Kepanjen telah tuntas 43% kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II yang berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa dengan jumlah 95 23% siswa tuntas pada materi kompetensi dasar mengidentifikasi persyaratan personil administrasi perkantoran. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil diatas dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Jigsaw telah mampu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dikarenakan materi yang diajarkan pada siklus II merupakan lanjutan dari materi siklus I dan materi yang diberikan guru sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item