Priambodo, Reynata Anggi (2013) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa tingkat X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Reynata Anggi Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anggi Reynata. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan pada Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APk 3 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. Djoko Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Role Playing Hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar adalah model Pembelajaran Role Playing. Pemilihan model Pembelajaran Role Playing sebagai fokus penelitian ini disebabkan model pembelajaran ini dapat mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui sistem gotong-royong (saling membantu). Suasana belajar suasana belajar yang menghasilkan hasil belajar yang lebih baik pemahaman materi lebih cepat mudah mengingat hubungan yang lebih positif dan penyesuaian psikologis yang lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa hambatan dan solusi dan respon siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Role Playing pada siswa kelas X APk 3 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APk 3 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan jumlah 43 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) tes 3) angket 4) catatan lapangan 5) dokumentasi dan 6) wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Setelah adanya penerapan model pembelajaran ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas sebesar 69 98 menjadi 82 86 2) Hambatan yang dihadapi peneliti dalam penelitian penerapan model pembelajaran adalah siswa mengalami kesulitan untuk menemukan fakta nyata yang terkait dengan materi yang dijarkan model pembelajaran dengan menggunakan Role Playing jarang di aplikasikan alokasi waktu yang digunakan kurang efektif terutama pada pelaksanaan pembelajaran Siklus I yaitu pada pembentukan kelompok dan pelaksanaan diskusi kelompok siswa kurang memahami pelaksanaan diskusi yang baik Siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas dan 4) Respon postif siswa terhadap penerapan model pembelajaran ini. Saran bagi bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan lebih lanjut tentang penerapan model pembelajaran Role Playing dengan mata pelajaran yang lain dan subjek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28826 |
Actions (login required)
View Item |