Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK NU Bululawang) / Anita Chandra Ayu Marina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK NU Bululawang) / Anita Chandra Ayu Marina

Marina, Anita Chandra Ayu (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK NU Bululawang) / Anita Chandra Ayu Marina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marina A. C. A. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat (Studi pada Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XI di SMK NU Bululawang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Muhammad Arief M.Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Hasil Belajar Proses belajar siswa di kelas pada zaman sekarang ini masih jauh dari yang seharusnya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih kurang memperhatikan ketercapaian kompetensi siswa. Cara guru mengajar di dalam kelas masih cenderung menggunakan cara lama yaitu dominan menggunakan pembelajaran kontekstual. Ditemui di lapangan banyak guru yang masih mendominasi dalam pembelajaran guru masih menjadi pemain dan siswa hanya sebagai penonton saja dengan kata lain guru aktif dan siswa pasif. Padahal tuntutan dari kurikulum yang ada sekarang ini adalah siswa mampu belajar dengan mandiri ketika proses belajar mengajar dan guru berperan sebagai fasilitator atau mediator. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana. Model pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan daya pikir serta penguasaan akademik. Selain untuk membantu siswa dalam penguasaan akademik model ini juga dapat melatih siswa untuk saling berkomunikasi antar teman saling memberi pendapat dan mendengarkan ide-ide dari teman-temannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang di atas adalah sebagai berikut (1) bagaimana penerapan model pembelajaran koopertaif Think Pair Share dalam mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat siswa kelas XI ADM di SMK NU Bululawang (2) adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas XI ADM di SMK NU Bululawang pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (3) apakah ada kendala serta solusi yang dilakukan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat di SMK NU Bululawang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) catatan lapangan studi dokumentasi dan tes. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI ADM SMK NU Bululawang yang berjumlah 29 siswa.Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Mengelola Pertemuan/Rapat untuk Kelas XI Administrasi Perkantoran semester I tahun pelajaran 2012/2013. Untuk meningkatkan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif yang dilakukan perhitungan nilai pre test dan nilai post test kedua siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan nilai siswa ketika mengikuti pre test dan post test. Berdasarkan hasil observasi awal sebelum memberikan tindakan hasil belajar dilihat dari pre test pada Siklus I yang menunjukkan tingkat yang sangat rendah yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 53 45. Diperoleh nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi adalah 75. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 62 07%. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test Siklus I yang menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 74 83 dengan nilai terendah adalah 35 dan nilai tertinggi adalah 92 5.Pada Siklus II ini terjadi kenaikan ketuntasan belajar secara signifikan. Ketuntasan belajar Siklus I setelah tindakan yang hanya mencapai 68 96% meningkat menjadi 93 10% pada Siklus II setelah tindakan sehingga terjadi kenaikan sebesar 24 14%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini antara lain (1) penerapan model pembelajaran Think Pair Share diterapkan pada siswa kelas XI ADM di SMK NU Bululawang dalam mata pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat. Penerapan model pembelajaran ini dapat diterapkan dengan lancar sesuai dengan rencana yang sebelumnya sudah disusun dengan baik serta dikonsultasikan dengan guru mata pelajaranMengelola Pertemuan/Rapat (2) penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan saran yang diajukan sebagai berikut (1) guru hendaknya memiliki kesabaran dan kreatifitas saat mengajar di dalam kelas sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas dapat menimbulkan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran. (2) guru hendaknya menerapkan beberapa model pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran di dalam kelas tidak terkesan membosankan. (3) bagi peneliti berikutnya sebaiknya dapat menyusun perencanaan dan persiapan yang lebih matang untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share sehingga tujuan dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item