Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Deby Windianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Deby Windianasari

Windianasari, Deby (2013) Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Deby Windianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Windianasari Deby. 2012. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen SI. Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M. (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.pd. S.E. M.M. Kata Kunci Konsep diri prestasi belajar Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan tentang diri sendiri dengan kata lain konsep diri merupakan potret tentang bagaimana seseorang melihat menilai serta menyikapi diri. Konsep diri penting diperhatiakan sebab konsep diri merupakan penentu tingkah laku seseorang dan merupakan pandangan terhadap diri sendiri yang merupakan dasar bagi semua tingkah laku. Bila individu mempunyai konsep diri yang rendah atau negatif individu akan menjadi kurang percaya diri mudah putus asa dan kurang berorientasi pada prestasi sehingga akan mempengaruhi prestasi akademiknya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep diri siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Prestasi belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatatn kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 150 siswa. Dalam peneltian ini menggunakan sampel 60 siswa. Instrument yang digunakan untuk variabel konsep diri adalah angket skala konsep diri dan untuk variabel prestasi belajar menggunakan nilai rata-rata raport semester satu sampai semester empat tahun ajaran 2010-2011. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase dan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempunyai Konsep diri konsep diri positif (tinggi) sedangkan prestasi belajar siswa juga tergolong baik yang dilihat dari rata-rata nilai raport semester satu sampai semester empat tahun 2010/2011. Dari hasil analisis statistik ditemukan bahwa Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan artian bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Peneliti menyampaikan saran kepada (1) siswa agar memiliki konsep diri yang baik karena Prestasi belajar yang tinggi akan memberikan kontribusi yang sangat baik dalam kehidupan. (2) Diharapkan guru dapat mengerti akan siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah sehingga dapat membantu dalam proses hasil belajar untuk menjadi lebih aktif dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28822

Actions (login required)

View Item View Item