Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi kelas XI APK 2 SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Mira Yanuarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi kelas XI APK 2 SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Mira Yanuarti

Yanuarti, Mira (2013) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi kelas XI APK 2 SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Mira Yanuarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Hasil belajar. Pendidikan merupakan suatu bentuk pengembangan diri dalam rangka membangun suatu prestasi seseorang supaya lebih maju. Dalam peningkatan kecerdasan seseorang harus mampu menguasai dirinya sendiri apalagi kemampuan yang dimiliki seorang siswa dalam membangkitkan prestasi belajarnya perlu memahami suatu topik pembelajaran dari guru yaitu kemampuan seorang guru dalam memilih metode pembelajaran yang efektif dan tepat sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI APK 2 di SMK Tekstil Pandaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas XI APK 2 di SMK Tekstil Pandaan. 2) Mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Student Teams Achievement Divisions (STAD). 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II yang telah diukur pada aspek kognitif adalah jumlah siswa yang tuntas pada siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (57 14%) dan yang belum tuntas sebanyak 11 siswa (42 86%). Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh siswa jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (62 85%) dan yang belum tuntas sebanyak 9 orang (37 14%). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran peneliti yang dapat diberikan yaitu (1) Guru harus dapat memotivasi siswa dan harus lebih memperhatikan siswa pada saat proses belajar mengajar dilakukan. (2) siswa harus lebih antusias lagi dalam menyerap materi pelajaran. (3) pada data nilai awal guru (NAG) seharusnya diberikan nilai yang murni atau nilai yang belum diolah supaya peneliti lebih mudah untuk mengetahui peningkatan dari penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28821

Actions (login required)

View Item View Item