Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5

Yason, Teddy (2012) Penerapan model pembelajaran numbered heads together dan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yason Teddy. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APk 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. Agus Hermawan M.Si. Grad Dip MGT. M.Bus. Kata Kunci Model Pembelajaran Numbered Head Together Model Pembelajaran Talking Stick Hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses belajar adalah model Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick. Pemilihan model Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick sebagai fokus penelitian ini disebabkan model pembelajaran ini dapat mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui sistem gotong-royong (saling membantu). Suasana belajar suasana belajar kooperatif menghasilkan hasil belajar yang lebih baik pemahaman materi lebih cepat mudah mengingat hubungan yang lebih positif dan penyesuaian psikologis yang lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa hambatan dan solusi dan respon siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick pada siswa kelas X APk 2 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APk 2 di SMK Muhammadiyah % Kepanjen dengan jumlah 43 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) tes 3) angket 4) catatan lapangan 5) dokumentasi dan 6) wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik terbukti adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik melalui pre test maupun post test 2) penerapan model pembelajaran ini hasil belajar siswa lebih baik (meningkat) dibandingkan dengan sebelum adanya penerapan model pembelajaran ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas sebesar 77 5 menjadi 86 5. 3) Hambatan yang dihadapi peneliti dalam penelitian penerapan kolaborasi model pembelajaran adalah siswa mengalami kesulitan untuk menemukan fakta nyata yang terkait dengan materi yang dijarkan kolaborasi model Pembelajaran Inquiry dan Student Teams Achievement Divisions belum pernah ada sebelumnya alokasi waktu yang digunakan kurang efektif terutama pada pelaksanaan pembelajaran Siklus I yaitu pada pembentukan kelompok dan pelaksanaan diskusi kelompok siswa kurang memahami pelaksanaan diskusi yang baik Siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas dan 4) Respon postif siswa terhadap penerapan kolaborasi model pembelajaran ini. Saran bagi bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan lebih lanjut tentang penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick dengan mata pelajaran yang lain dan subjek penelitian yang berbeda. Peneliti juga dapat melakukan kegiatan eksperimen untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick dengan model lain dalam mengefektifkan penerapan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28819

Actions (login required)

View Item View Item