Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajran kerwirausahaan untuk meningkatkan hasil belajr siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Binti Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajran kerwirausahaan untuk meningkatkan hasil belajr siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Binti Nafi'ah

Nafi'ah, Binti (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajran kerwirausahaan untuk meningkatkan hasil belajr siswa kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Binti Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation (GI) hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan peneliti di lapangan saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammdiyah 3 Singosari menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Agar siswa tidak merasa bosan dan tetap aktif dalam pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa maka guru harus mengkombinasikan metode ceramah melalui kolaborasi dengan metode kooperatif. Hal ini di tujukan agar siswa lebih aktif kreatif dan inovatif menyampaiakan gagasan ide atau pendapat dalam suatu pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi pelajaran Kewirausahaan agar siswa juga tidak merasa bosan dengan penggunaan metode ceramah. Hal ini dikarenakan tidak semua mata pelajaran cocok menggunakan pembelajaran model Group Investigation (GI). Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan judul Penerapan Pembelajaran Kooperatif model Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan mengetahui respon siswa kelas X AK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Kewirausahaan. Data diambil dari pre test dan post test lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh pengamat sebelum melakukan penelitian diketahui dari hasil ketuntasan siswa pada ranah kognitif yang didapat pada nilai ulangan harian masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar hal ini diketahui dari nilai rata-rata kelas sebesar 67 88 dan nilai ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas masih dibawah standart ketuntasan minimum. Dan ketika melakukan penelitian pada ranah kognitif untuk mengambil nilai pre test diketahui bahwa ketuntasan klasikal belajar 62 5 pada siklus I dan meningkat menjadi 96 87 pada siklus II. Dengan data hasil observasi tersebut bisa dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan ii pengetahuan siswa dalam memecahkan soal studi kasus. Hal ini dibuktikan dari nilai ketuntasan siswa pada ranah kognitif siklus 1 meningkat pada siklus II. Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran kewirausahaan adalah untuk mengimbangi metode konvensional dengan menggunakan model Group Investigation (GI) dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Penerapan dan pelaksanaan model Group Investigation (GI) hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengajak siswa terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari. Permasalahan yang digunakan dalam Model Group Investigation (GI) hendaknya lebih aktual dan beragam. Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada mata pelajaran yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan Model Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item View Item