Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament untuk mengetahui motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Luvia Rolysawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament untuk mengetahui motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Luvia Rolysawati

Rolysawati, Luvia (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament untuk mengetahui motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa (studi pada kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Luvia Rolysawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Team Games Tournament Motivasi Hasil belajar Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan dan wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran (MPPAP) dapat disimpulkan bahwa ketertarikan dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran MPPAP dirasa kurang sehingga motivasi belajar siswa rendah dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang dinilai masih kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimal. Pada prakteknya guru masih sering menggunakan pembelajaran konvensional dari pada pembelajaran kooperatif. Materi pada mata pelajaran MPPAP merupakan materi konseptual untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang menarik agar siswa tidak bosan dalam belajar. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dirasa mampu memberikan stimulus positif bagi kegiatan belajar siswa adalah pembelajaran model Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 di SMK Muhammadyah 3 Singosari yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan) interview (wawancara) angket catatan lapangan dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model alir yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t pada hasil belajar aspek kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model TGT telah mampu mengetahui kondisi motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari analisis angket motivasi belajar dapat dikatakan motivasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi tinggi. Tinggi rendahnya motivasi belajar sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis aspek afektif dari data kedua pengamat menunjukkan bahwa untuk aspek sikap pada siklus I sebesar 71 6% (B) sedangkan pada siklus II 76 1% (B) untuk aspek minat pada siklus I sebesar 91 3% (A) sedangkan pada siklus II sebesar 95 5% (A) untuk aspek konsep diri pada siklus I sebesar 91 6% (A) sedangkan pada siklus II sebesar 95 5% (A) dan untuk aspek moral pada siklus I sebesar 95 45% (A) sedangkan pada siklus II sebesar 97% (A). Hasil keseluruhan dari aspek afektif pada siklus I sebesar 87 5% (A-) sedangkan pada siklus II sebesar 91 09% (A). Dengan demikian telah terjadi peningkatan hasil belajar aspek afektif sebesar 3 59%. ii Hasil belajar dari aspek kognitif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Artinya telah terjadi peningkatan hasil belajar aspek kognitif setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru mata pelajaran MPPAP untuk menjadikan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament sebagai alternatif dan variasi baru dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk memperbaiki segala kekurangan dan keterbatasan dalam penelitian ini sehingga dapat menjadi penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item