Saputra, Ahmad Reza Ivan (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi kelas X APK SMK PGRI 4 Blitar / Ahmad Reza Ivan Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Teams Games Tournament Keaktifan belajar siswa Hasil Belajar Siswa Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa SMK PGRI 4 Blitar pada bulan Februari 2012 diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga siswa cenderung pasif dan juga hasil belajar siswa rendah. Itu terbukti dari hasil rata-rata nilai belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 50 24. Untuk memperbaiki keaktifan dan hasil belajar siswa maka perlu dipilih model pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar. Salah satunya dengan pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 4 Blitar pada pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan siswa dan soal tes. Data yang diperoleh akan dibandingkan dari observasi awal Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Keaktifan klasikal pada tiap pertemuan mengalami peningkatan dari pertemuan satu siklus I pertemuan pertama sebesar 73 44% menjadi 77 27% pada siklus I pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan pertama keaktifan belajar juga mengalami peningkatan dari pertemuan sebelumnya yaitu sebesar 79 2%. Hal sebaliknya terjadi pada pertemuan terakhir yaitu terjadi sedikit penurunan keaktifan belajar siswa sebesar 1 53% bila dibandingkan dengan kekatifan belajar pada pertemuan sebelumnya. Besarnya keaktifan belajar siswa pada siklus II pertemuan kedua yaitu 77 67%. Pada PTK yang dilaksanakan selama 2 siklus ini hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 33 33% sedangkan pada siklus II sebesar 72 72. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar sebelum tindakan sebesar 50 24 meningkat 13 91 menjadi 64 15 pada siklus I dan meningkat 9 72 menjadi 73 87 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 4 Blitar. ii Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran TGT untuk mata pelajaran yang sama maupun mata pelajaran lain. Selain itu dengan adanya penelitian ini diharapkan guru lebih memiliki referensi dan variasi dalam mengajar misalnya dengan mengajar menggunakan model TGT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |