Analisis pendidikan ekonomi keluarga pada pengusaha jajanan oleh-oleh pada masa pandemi / Andriana Alma Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendidikan ekonomi keluarga pada pengusaha jajanan oleh-oleh pada masa pandemi / Andriana Alma Sari</p>

Sari, Andriana Alma (2023) Analisis pendidikan ekonomi keluarga pada pengusaha jajanan oleh-oleh pada masa pandemi / Andriana Alma Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan ekonomi keluarga merupakan pendidikan informal yang diajarkan oleh orang tua kepada anak dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari yang diperoleh dari pengalaman orang tua. Pendidikan ekonomi sangat diperlukan dalam keluarga karena berperan penting dalam upaya mempertahankan usaha bisnis keluarga pada masa pandemi dimana dapat membentuk anak menjadi efektif efisien dan rasional dalam menggunakan uang dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan ekonomi keluarga pada pengusaha jajanan oleh-oleh di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pengusaha jajanan oleh-oleh di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek menerapkan pendidikan ekonomi keluarga dalam mempertahankan usaha bisnis keluarga pada masa pandemi. Pendidikan ekonomi keluarga pada masa pandemi lebih intens diberikan kepada anak. Pendidikan ekonomi pengusaha jajanan oleh-oleh pada masa pandemi diimplikasikan melalui keteladanan pembiasaan diskusi masalah ekonomi dan penanaman semangat wirausaha. Adanya transformasi kewirausahaan yang dilakukan pengusaha jajanan oleh-oleh berupa inovasi baru dalam rangka mempertahankan usaha bisnis keluarga pada masa pandemi. Pengusaha jajanan oleh-oleh diharapkan dapat terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam menjalankan usaha bisnis keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288068

Actions (login required)

View Item View Item