Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa di fakultas ekonomi program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Alaq Sarens Mahendra</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa di fakultas ekonomi program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Alaq Sarens Mahendra</p>

Mahendra, Alaq Sarens (2022) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa di fakultas ekonomi program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Alaq Sarens Mahendra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu tempat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena pendidikan merupakan keberhasilan utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Namun dengan terjadinya insiden atau musibah yang terjadi pada tahun 2020 yaitu covid-19 pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dari luring menjadi daring hal ini membuat persiapan untuk pendidikan mengalami masalah salah satunya mahasiswa yang harus menjalani pembelajaran di lingkungan keluarga atau rumah hal ini membuat mahasiswa harus mendapatkan lingkungan keluarga yang baik agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal dengan cara membentuk relasi yang baik antar anggota keluarga menyiapkan segala fasilitas untuk pembelajaran suasana rumah yang mendukung tidak hanya itu saja mahasiswa juga harus membentuk motivasi belajar untuk menunjang hasil belajarnya dengan cara meningkatkan hasrat dan keinginan untuk belajar dorongn belajar harapan dan cita-cita. Berdasarkan hasil penelitian terdapat bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018 sebesar 35.8% hal ini terjadi karena faktor internal yaitu motivasi belajar dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh secara parsial maupun simultan variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi pendidikan ekonomi UM angkatan 2018. Penelitianyang telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yaitu menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel Lingkungan Keluarga (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2018. Data dalam penelitian ini diambil melalui metode angket. Data diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS melalui analisis regresi berganda. Hasil dari regresi bergandan akan dijabarkan pada penelitian ini dalam bentuk kalimat (deskriptif) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa (1) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa (3) ada pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa FE program studi Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018. Diharapkan penelitiaan ini dijadikan bahan bagi mahasiswa untuk memaksimalkan hasil belajar dan menjadi evaluasi orang tua untuk memberikan perhatian dalam hal pembelajaran dan belajar anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288057

Actions (login required)

View Item View Item